Politik & Pemerintahan

Kerahkan 550 Personel Keamanan

PROBOLINGGO – Acara sertijab walikota Probolinggo di gedung Widya Harja kemarin (6/2) mendapat pengamanan berlapis dari Polri dan TNI. Sampai ada 550 petugas gabungan yang dikerahkan. Selain itu, kendaraan barakuda dan watercanon pun disiagakan di sekitar lokasi acara sertijab.

Tak hanya itu, Jalan Panjaitan menuju gedung Widya Harja juga ditutup total.  Pengamanan berlapis itu diterapkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Menurut Kabag Operasi Polres Probolinggo Kota Kompol Bunari, sejumlah 550 personel tersebut berasal dari beberapa unsur. Rinciannya ialah 100 personel Brimob Polda Jatim lengkap kendaraan barakuda; 50 anggota Kodim 0820; 100 petugas Satpol PP; dan 250 personel dari Polres Probolinggo Kota.

Tak hanya itu, polresta juga menyiapkan K-9 beserta metal detector. Undangan yang hendak masuk ke tempat acara, satu persatu diperiksa di pintu masuk. Hasilnya, petugas tidak menemukan benda atau barang mencurigakan. “Tidak ditemukan barang membahayakan,” terang Kompol Bunari.

Adapun sistem pengamanan yang diberlakukan ada tiga ring. Ring pertama berada di lokasi utama belangsungnya acara sertijab. Ring dua di luar gedung utama hingga luar pagar gedung Widya Harja. Sedangkan ring tiga meliputi Jalan Panjaitan. 

Sementara itu, Kasatlantas AKP Kemaji mengatakan, Jalan Panjaitan ditutup total, tetapi berlaku buka tutup untuk undangan. Selain itu, kendaraan emergency juga tetap diperkenankan melintas. “Ini kan juga jalur ke rumah sakit (RSUD). Kalau ada ambulans yang mau lewat, ya kami kawal. Pasien harus diutamakan,” tegasnya. (gus/iwy)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan