Politik & Pemerintahan

Cetak Rekor, Pelamar PPK Kabupaten Probolinggo Tertinggi di Jatim


PROBOLINGGO – Masa pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 telah resmi ditutup oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Selasa (29/11). Di Kabupaten Probolinggo jumlah pelamar anggota badan Ad Hoc Pemilu itu mencapai 1.644 pelamar.

Dengan jumlah pelamar sebanyak itu, Kabupaten Probolinggo menjadi daerah dengan jumlah pendaftar PPK tertinggi di Jawa Timur (Jatim). Jumlah tersebut di atas jumlah pelamar PPK di daerah lainnya.

Di bawah Kabupaten Probolinggo, ada Kabupaten Tulungagung dengan 1.481 pelamar PPK. Disusul Kota Surabaya dengan 1.434 pelamar PPK, dan Kabupaten Jember dengan 1.025 pelamar PPK. Selanjutnya Kabupaten Sampang dengan 735 pelamar PPK dan Kabupaten Situbondo dengan 607 pelamar PPK.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim mengapresiasi tingginya animo masyarakat atas adanya pembukaan rekrutmen PPK ini. Menurutnya, hal itu menunjukkan kesadaran masyarakat dan antusiasmenya untuk turut terlibat dalam suksesnya Pemilu yang baik.

“Tingginya pendaftar PPK ini, membuktikan suksesnya kegiatan sosialisasi rekrutmen PPK yang telah kami laksanakan sebelumnya. Selain itu, animo dan tingkat kesadaran masyarakat untuk terlibat dalam proses suksesi Pemilu sangatlah tinggi,” ujarnya, Kamis (30/11).

KPU Kabupaten Probolinggo dalam waktu dekat akan segera mengkoordinasikan terkait dengan penyelenggaraan tahapan rekrutmen selanjutnya. Yakni tes tulis pada tanggal 5-7 Desember 2022 mendatang. tersebut menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dan sepenuhnya akan dilakukan dengan menggunakan komputer yang terhubung dalam jaringan server KPU pusat secara online.

“Sesuai jadwal, pelaksanaan tes tulisnya akan kami selenggarakan pada tanggal 6-7 Desember mendatang. Untuk tempatnya menyusul, karena kami sedang fokus pada proses penelitian berkas administrasi pelamar,” kata Lukman.

Pengumuman pelamar PPK yang lolos seleksi administrasi akan diumumkan melalui website SIAKBA KPU RI maupun melalui website resmi KPU Kabupaten Probolinggo. Oleh karena itu, Lukman mengimbau para pendaftar agar selalu mengecek secara berkala 2 website tersebut.

“Pengumumannya baru akan dilakukan mulai tanggal 2 – 4 Desember mendatang. Mohon pantau terus website resmi kami untuk melihat hasil pengumuman seleksi administrasinya,” tuturnya.

Dengan adanya proses rekrutmen lewat sistem online ini, ia berharap lahir para petugas penyelenggara pemilu yang berkualitas dan berintegritas serta kredibel dengan tuntutan tugas dan pekerjaan yang nantinya akan dibebankan. Terlebih Pemilu tahun 2024 mendatang merupakan hajat pesta demokrasi bagi rakyat untuk memilih para wakil rakyat dan Presiden yang berkualitas.

“Tagline KPU melayani selalu kami pegang teguh agar, kelak muncul para pemimpin yang amanah, jujur, dan adil,” harapnya. (tm/eem)


Bagikan Artikel