Politik & Pemerintahan

BPIH 2019 Ditetapkan Rp 35.235.602

JAKARTA – Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2019 telah ditetapkan oleh
Panitia Kerja (Panja) BPIH Komisi VIII DPR RI dan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama RI pada Senin (4/2). Nilainya ditetapkan sebesar Rp 35.235.602. Sama persis dengan BPIH tahun 2018.

Anggota Komisi VIII DPR RI H. Hasan Aminuddin menuturkan, penetapan dilakukan dalam sebuah sidang di ruang kerja Komisi VIII DPR RI di Gedung Senayan, Jakarta. “Ditetapkan pada hari Senin, tanggal 4 Februari 2019 pukul 13.30,” sebut Hasan.

Suami dari Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari ini menerangkan, Panja BPIH dan Dirjen PHU membahas BPIH dari berbagai sudut pandang. “BPIH ditetapkan melalui berbagai pertimbangan. Setelah melewati beberapa kali pembahasan, Alhamdulillah, keputusan telah diambil,” terang pria yang juga menjabat Ketua DPP Partai NasDem Bidang Agama dan Masyarakat Adat ini.

Hasan meminta para calon jamaah haji yang berkesempatan berangkat haji pada tahun ini untuk bersiap melakukan pelunasan BPIH. “Meski punya uang, jangan sampai meremehkan pelunasan ini. Kalau ada keperluan lain, abaikan dulu. Utamakan melunasi BPIH daripada yang lain. Ini urusan terpenting,” tegas mantan Bupati Probolinggo 2 periode ini.

Selain urusan pelunasan, Hasan meminta calon jamaah untuk mempersiapkan syarat-syarat lainnya. Agar pemenuhan syarat berjalan lancar, Hasan menyarankan calon jamaah berkoordinasi dan berkonsultasi kepada pihak-pihak yang memahami alur penyelenggaraan ibadah Haji.

“Silakan tanya kepada yang lebih tahu. Ke Kemenag misalnya,” tuturnya.

Hasan menyatakan Komisi VIII akan terus mengawal proses pemberangkatan calon jamaah dari awal sampai akhir. “Kami berkomitmen penyelenggaraan ibadah haji semakin membaik dari tahun ke tahun. Semakin baik sistemnya, penyelenggaraannya, hingga menjadi mabrur ibadah hajinya. Insya Allah,” tegasnya. (eem)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan