Politik & Pemerintahan

Seorang petugas Satpol PP menyiram halaman rumah dinas Sekda Kota Probolinggo. Rumah ini akan ditempati oleh Wawali M. Soufis Subri. (Agus Purwoko/Koran Pantura)

Rumdin Wawali dan Sekda Masih Kosong


PROBOLINGGO – Walikota Hadi Zainal Abidin dan Wawali M. Soufis Subri sudah resmi memimpin Kota Probolinggo setelah dilantik Rabu (30/1) lalu. Namun, sampai kemarin (3/2) ternyata keduanya sama belum menempati rumah dinas (rumdin) masing-masing.

Berdasar informasi yang dihimpun, rumdin walikota dan wawali saat ini masih dalam tahap penyelesaian perbaikan. Diperkirakan, rumdin walikota dan wawali akan ditempati paling cepat dua minggu ke depan. Begitu juga rumdin sekda yang saat ini juga untuk sementara ditinggal oleh dr Bambang Agus Suwignyo.

Perkiraan tersebut disampaikan Kabag Umum Sugito, Minggu (3/2) sore. Menurutnya, renovasi yang dilakukan tidak akan terlambat. Pihaknya melaksanakan renovasi itu menunggu walikota terpilih dilantik agar bisa mendapatkan petunjuknya.

Ternyata, menurut Sugito, walikota dan wawali yang baru dilantik sama-sama tidak sampai meminta ada penambahan bangunan. Menurut Sugito, renovasi yang dilakukan sebenarnya skala kecil, dan lebih cenderung sebagai perawatan. Misalnya,  memperbaiki atap yang rusak dan pengecatan.

Tetapi khusus untuk rumdin wawali, perbaikannya lebih banyak. Mengingat, rumdin yang berlokasi di jalan Ahmad Yani tersebut sudah dua tahun tidak ditempati. “Kan rumdin wawali sudah lama tidak ditempati. Ya, rehabnya cukup lumayan,” kata  Sugito.

Hanya, rumdin wawali nanti tidak akan ditempati Wawali Subri. Rumah dinas tersebut justru nanti akan ditempati Sekda dr Bambang Agus. Sugito tidak mengerti alasannya. “Itu hasil pembicaraan beliau berdua. Enggak tahu alasannya. Kami hanya pelaksana,” lanjutnya.

Sebelumnya, rumdin Sekda berlokasi di Jl Suroyo. Rumah itu juga sedang diperbaiki saat ini. “Sekarang Pak Sekda sudah meninggalkan rumdin-nya. Jadi kosong. Sedang kami perbaiki,” ujar Sugito.

Nah, dari penelusuran Koran Pantura, ternyata akan ada lukir rumah dinas. Rumdin yang sebelumnya ditempati Sekda, nantinya akan ditempati Wawali Subri. “Ya, betul. Pak sekda pindah. Katanya, di sini mau ditempati wakil wali kota,” aku petugas Satpol PP di rumdin sekda yang tengah diperbaiki, kemarin.

Sementara, Wawali Subri enggan berkomentar soal rumah dinas. Ia meminta wartawan bertanya langsung kepada Kabag Umum. “Saya lagi fokus kerja dulu. Urusan rumah dinas, nanti mengikuti,” ujarnya. (gus/iwy)


Bagikan Artikel