Politik & Pemerintahan

Hasan Aminuddin Tamu Pertama

PROBOLINGGO – Pada hari pertamanya bertugas sebagai Walikota Probolinggo kemarin (31/1), Hadi Zainal Abidin tak hanya menyapa para pegawai di kantor OPD Pemkot Probolinggo. Walikota Hadi juga mendapat kunjungan dari tamu pertamanya, yakni anggota Komisi VIII DPR RI H. Hasan Aminuddin.

Di ruang kerjanya, Walikota Hadi didampingi Wawali M. Soufis Subri menemui Hasan yang datang dengan didampingi seorang habib. Lalu kepada Walikota Hadi dan Wawali Subri,  Hasan mengucapkan selamat atas pelantikan keduanya.

“Saya datang ke sini selain mengucapkan selamat, juga untuk bersilaturahmi kepada Walikota dan Wakil Walikota Probolinggo yang baru,” kata Hasan Aminuddin yang saat ini menjabat ketua DPP Partai NasDem Bidang Agama dan Masyarakat Adat ini.

Hasan juga mendoakan jabatan yang diemban keduanya berkah. “Semoga lancar dan bisa menjaga amanah rakyat sejak menjabat hingga akhir masa jabatan nanti,” harap suami dari Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari ini.

Pada pertemuan tersebut, pembicaraan berlangsung cukup gayeng. Namun tetap ada hal serius yang mereka bicarakan. Misalnya ketika Hasan menyinggung perilaku masyarakat. Hasan berharap Walikota Hadi melaksanakan program-program yang berpijak pada amar ma’ruf nahi munkar. Yakni mengajak masyarakat menuju kebaikan, dan mencegah terjadinya perilaku buruk.

Hasan meminta Walikota Hadi benar-benar menjalankan program tersebut. “Dengan kehidupan yang berlandaskan pada norma-norma, aturan-aturan, dan etika kemasyarakatan, insha Allah amanah jabatan bisa dilaksanakan dengan baik,” ujar Hasan.

Ia mengatakan, masyarakat Kota Probolinggo tentu berharap pemimpinnya bisa menjawab kebutuhan masyarakat secara umum. “Terutama dalam hal kehidupan bermasyarakat. Itu bukan hanya masalah ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Tapi juga ada akhlak di situ. Sekaligus juga untuk menunjukkan bahwa suasana Kota Probolinggo agamis,” tegas Hasan.

Sementara Walikota Hadi menyambut baik kedatangan Hasan. Kunjungan tersebut dinilainya sebagai bentuk dukungan kepada dirinya. Walikota Hadi menyebut Hasan, selain teman juga koleganya di DPR RI.

Walikota Hadi mengatakan, silaturahim Hasan Aminuddin patut diapresiasi dan dicontoh politisi lain. Ia menyatakan bahwa mantan Bupati Probolinggo 2 periode ini adalah politisi pertama yang bersilaturahim kepada dirinya. Padahal kata Walikota Hadi, secara politik, Hasan berseberangan dengannya pada Pilwali 2018 lalu. “Itu sudah menjadi masa lalu. Kini bersatu. Tujuannya bagaimana membangun Probolinggo ke depan,” tegasnya.

Hadi mengakui Hasan lebih senior dan lebih berpengalaman, baik soal politik maupun pemerintahan. Dirinya tidak akan menutup telinga terhadap saran dan masukan koleganya tersebut. Menurutnya, sudah banyak yang dilakukan Hasan terhadap masyarakat Kabupaten Probolinggo saat menjadi bupati. Hal yang sama dilakukan Hasan di DPR RI, yakni memperjuangkan kepentingan masyarakat Kota Probolinggo.

“Kita bersama-sama berjuang demi kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat. Intinya di sana,” kata Hadi. (gus/eem)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan