Politik & Pemerintahan

PDI Perjuangan Kabupaten Probolinggo Mulai Jaring Bakal Caleg


PROBOLINGGO – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Probolinggo bakal membuka penjaringan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD setempat mulai awal pekan ini. Ada tiga kategori Bacaleg yang dibuka. Yakni legislator petahana, pengurus partai, dan simpatisan (tokoh yang belum berpartai).

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Probolinggo A. Didik Irfan mengungkapkan, penjaringan Bacaleg tersebut didasarkan atas hasil rekomendasi dari hasil rapat internal DPC PDI Perjuangan Kabupaten Probolinggo, Sabtu (30/7) lalu. Dalam rapat tersebut, salah satu poin keputusannya yakni mulai membuka masa penjaringan Bacaleg hingga batas waktu tertentu.

Dengan langkah tersebut, diharapkan masyarakat umum maupun tokoh masyarakat yang terpanggil untuk menjadi legislator dan memperjuangkan kepentingan rakyat. Sehingga selanjutnya mereka dapat mendaftar dan bergabung dalam naungan partai besutan Megawati Soekarno Putri itu.

“Alasan kenapa kami memulai penjaringan Bacaleg lebih awal, karena PDI Perjuangan ingin agar masyarakat bisa ikut menilai sepak terjang dari setiap Bacaleg dari PDI Perjuangan untuk ikut berkontestasi dalam Pemilu 2024,” ujar Didik, Minggu (31/7).

Ia menerangkan, penjaringan Bacaleg yang akan efektif dibuka sejak Senin (1/8). Selain mengakomodasi Bacaleg yang berlatar belakang politik maupun ketokohan, partainya juga membuka diri untuk para Bacaleg dari kalangan milenial dan juga dari kalangan wanita. Khusus kaum wanita, pihaknya menyiapkan kuota sebesar 30 persen.

“PDI Perjuangan terbuka bagi siapapun yang mempunyai kapasitas dan kemampuan untuk mendaftar sebagai bacaleg PDI Perjuangan. Karena itu kami tidak akan membatasi jumlah Bacaleg yang akan mendaftar. Lebih banyak lebih baik, karena dari seleksi yang ada nanti akan terlihat kualitas dari setiap individunya,” beber Didik.

Ia menyatakan, proses penjaringan Bacaleg ini dilakukan semata oleh DPC PDI Perjuangan untuk menemukan para calon legislator atau wakil rakyat terbaik yang akan ditawarkan kepada masyarakat di setiap daerah pemilihannya. Hal itu seiring dengan target partai yang mengkehendaki adanya 10 kursi legislatif di DPRD Kabupaten Probolinggo dalam pemilu 2024 mendatang.

“Kami cukup optimis dan realistis dengan target tersebut. Oleh karenanya perjuangan itu kami mulai sejak jauh hari, dan saat ini dimulailah tahapan penjaringan Bacaleg itu,” tegasnya. (tm/eem)


Bagikan Artikel