Politik & Pemerintahan

Sambut Walikota-Wawali Baru


PROBOLINGGO – Ribuan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Riyadlus Sholihin, di Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo, kemarin (30/1) sore tumplek-blek di Jl Soekarno-Hatta. Mereka menyambut kedatangan pengasuhnya, yaitu Habib Hadi Zainal Abidin yang kemarin pagi telah resmi dilantik menjadi Walikota Probolinggo.

Habib Hadi Zainal Abidin dan M. Soufis Subri kemarin pagi resmi dilantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota Probolinggo untuk periode 2019-2024. Nah, sepulang dari acara pelantikan di gedung Grahadi Surabaya itu, pasangan walikota dan wawali baru disambut konvoi.

1

Walikota-Wawali Probolinggo terpilih Habib Hadi Zainal Abidin dan M. Soufis Subri dilantik oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo di gedung Grahadi Surabaya. (Agus Purwoko/Koran Pantura)

Tak hanya berjejer dari pintu gerbang masuk ponpes hingga tugu perbatasan kota, para santri dan pendukung lainnya ikut berkonvoi mengiringi kedatangan walikota dan wawali baru. Iring-iringan ratusan kendaraan rodda dua dan puluhan roda empat dimulai dari perbatasan kabupaten Probolinggo-Pasuruan, tepatnya di depan rawon Nguling

Tak ayal, kendaraan tidak bisa bebas lalu-lalang seperti biasanya. Bahkan saat rombongan memasuki jalan menuju Ponpes Riyadlus Sholihin, seluruh kendaraan distop. Alhasil, antrian kendaraan tidak bisa dihindari. Lalu lintas baru lancar kembali setelah seluruh santri dan warga, meninggalkan jalan raya Soekarno-Hatta.

Rombongan tiba di ponpes sekitar pukul 15.35. Mendekati ponpes, Walikota dan Wawali turun dari kendaraan dinasnya, kemudian berjalan kaki masuk pondok. Ribuan warga dan santi yang menyemut saling berebut bersalaman untuk mengucapkan selamat. Tak ketinggalan, hadrah dan karangan bunga menyambut kedatangan pasangan pemimpin baru itu.

Hafit Ahmad Salim, kepala pesantren mengatakan, para santri dan pendukung melakukan penyambutan ini sebagai luapan kegembiraan dan bentuk dukungan. “Aksi ini sebagai bentuk syukur dan ucapan selamat atas pelantikan beliau,” tandasnya.

Ustad Hafit kemudian berharap, kedua pemimpin baru itu diberikan kekuatan menjalankan amanah rakyat. Termasuk diberi kemudahan menjalani program yang berbasis kerakyatan.

Jika nanti dalam perjalanan memimpin kota, ada yang tidak sesuai visi misinya, pihaknya bersama santri, siap mengingatkan. “Semoga amanah dan bermanfaat bagi masyarakat. Kami mendukung dan mengawal program beliau,” pungkasnya

Sementara, pelantikan Habib Hadi dan Soufis Subri dilakukan pagi kemarin sekitar pukul 09.30 di gedung Grahadi, Surabaya. Pelantikan Walikota-Wawali Kota Probolinggo bersamaan dengan pelantikan Bupati-Wabup Sampang. Dua pasangan itu diambil sumpah atau dilantik oleh Gubernur Jatim Soekarwo.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua DPRD Agus Rudianto Ghafur; Kapolresta, AKBP Alfian Nurrizal; Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo; Kajari Martiul; Ketua Pengadilan Negeri Budiarto; Sekda Bambang Agus Suwignyo; pejabat di lingkungan Pemkot Probolinggo; partai pendukung serta keluarga wali kota dan wawali.

Usai prosesi pelantikan, Wali Kota Habib Hadi memohon doa agar program yang akan dijalankan tidak menemui kendala berarti. Ia telah menyiapkan berbagai inovasi seperti harapan masyarakat. Terutama di bidang pendidikan dan kesehatan yang menjadi fokus perhatiannya.

“Kami akan benahi RSUD agar pelayanan terhadap masyarakat lebiih maksimal Terutama kapasitasnya agar bisa menampung seluruh pasien. Apa yang kami lakukan ini demi kemaslahatan masyarakat. Pendidikan juga gratis,” ujar Walikota Hadi. (gus/iwy)


Bagikan Artikel