Politik & Pemerintahan

Haerul Amri: Komisi X Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif di Probolinggo


PROBOLINGGO – Komisi X DPR RI kembali menggelar kegiatan di wilayah Probolinggo bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Selasa (26/4). Yakni bimbingan teknis bagi pelaku ekonomi kreatif Go Digital. Kegiatan digelar di Bromo Park Hotel, Kota Probolinggo.

Anggota Komisi X DPR RI Moh. Haerul Amri mengatakan, bimbingan teknis digelar untuk menambah wawasan dan pengetahuan para pelaku ekonomi kreatif. Khususnya yang berada di wilayah Probolinggo. Sehingga kondisi ekonomi masyarakat pun dapat terbantu di tengah pandemi Covid-19.

“Di tengah situasi seperti saat ini, pelaku ekonomi dituntut kreatif dan inovatif,” tutur Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga DPP Partai NasDem ini.

Menurutnya, banyak peluang usaha yang bisa dilakukan saat-saat ini. Apalagi di tengah pesatnya teknologi informasi. Hampir setiap orang dewasa di Indonesia telah memiliki smartphone. Fenomena tersebut harus dilihat sebagai peluang usaha dan bisnis kreatif.

“Yang penting menjalankan usaha secara kreatif, inovatif, dan confident (percaya diri, red). Selain itu tentu harus punya produk yang bernilai jual,” terang Haerul Amri.

Untuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif, Haerul Amri juga berencana menerapkan revitalisasi pelaku usaha di wilayah Gunung Bromo. Ia menilai perlu ada pengembangan lokasi usaha di wilayah Bromo.

“Pemandangan Bromo yang indah harus didukung dengan konsep penyediaan lokasi usaha yang memadai,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, ia juga menyalurkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) di Kota Probolinggo. Terdiri dari 1.000 siswa SD, 100 siswa SMP, 50 siswa SMA, dan 50 siswa SMK.

“Untuk SD per tahun Rp 450 ribu per siswa. SMP Rp 750 ribu, SMA/SMK Rp 1 juta per tahun,” sebutnya.

Sementara itu, Kemal Akbar Khalikal Isbah, Koordinator Edukasi I Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ekonomi Kreatif di Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mengatakan, pengembangan ekonomi kreatif memerlukan dukungan dari semua elemen masyarakat. Dengan demikian, ikhtiar mensejahterakan masyarakat melalui sektor ekonomi semakin terwujud.

“Kami berupaya melakukan pengembangan ekonomi kreatif dan upaya-upaya lain dengan mengajak mitra kerja kami, yaitu Komisi X DPR RI,” ujar Kemal. (ra/eem)


Bagikan Artikel