Politik & Pemerintahan

KPU Probolinggo Pastikan Pemilu 2024 Tetap


PROBOLINGGO – Wacana penundaan Pemilu Umum (Pemilu) 2024 kembali mencuat. Namun, sejauh ini belum ada keputusan resmi dari Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI). Sedangkan KPU Kota dan Kabupaten Probolinggo kompak memastikan tidak ada penundaan Pemilu 2024.

Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri mengatakan, kabar adanya penundaan Pemilu 2024 masih sebatas pada wacana yang dilontarkan oleh para tokoh dan elit partai Nasional. Itu sama sekali tidak mempengaruhi keputusan KPU RI nomor 21/2022 tentang hari dan tanggal pemungutan suara pada Pilpres, Anggota DPR RI dan DPRD yang ditetapkan digelar pada 14 Februari 2024 dan Pilkada 27 November 2024.

“Kami tetap berkomitmen pada keputusan awal, yakni Pemilu dan Pilkada tetap diselenggarakan pada tahun 2024 mendatang dan tidak ada perubahan ataupun rencana penundaan,” tegasnya, Senin (28/2).

Diterangkan bahwa KPU tetap pada posisinya yakni sebagai lembaga penyelenggara Pemilu yang taat dan patuh terhadap perundang-undangan. Dalam hal ini pasal 167 ayat (1) UU Nomor 7/2017 dan pasal 201 ayat (8) UU Nomor 10/2016, yang pada prinsipnya mengatur bahwa pemilu dan pemilihan serentak nasional akan diselenggarakan pada 2024.

“Dasar hukum kami sangat jelas. Sehingga adanya wacana dan rencana untuk menunda gelaran Pemilu tahun 2024 mendatang tidak ada relevansinya sama sekali,” terangnya.

Dilanjutkannya, hingga saat ini KPU sama sekali tidak terpengaruh akan adanya wacana penundaan Pemilu. Menurutnya hal tersebut adalah upaya yang coba dilakukan segelintir orang dengan berbagai kepentingan dibelakangnya untuk menunda hajatan pesta demokrasi 5 tahunan itu.

“Kami tetap pada keputusan awal kami, bukan hanya di Probolinggo tapi juga di seluruh Indonesia. Bahwa Pemilu akan tetap dilaksanakan pada jadwal yang elah ditetapkan. Bahkan tahapan awal Pemilu 2024 akan kami mulai tahun ini,” ujarnya.

Sedangkan Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim menyampaikan bahwa hingga saat ini, KPU RI tidak memiliki rencana untuk menunda gelaran Pemilu 2024.

“Semua masih sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan dan tidak ada itu kata penundaan. Terlebih sudah ada penetapan jadwal pada pertemuan 14 Februari lalu,” katanya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel