Politik & Pemerintahan

Jelang Pilkades, Ratusan Cakades Ikuti Ikrar Damai


PROBOLINGGO – Ratusan Calon Kepala Desa (Cakades) yang akan bersaing di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap II Kabupaten Probolinggo 2022, kemarin (8/2)  mengikuti acara ikrar damai. Kegiatan ini dilakukan di pendapa Kabupaten Probolinggo dan diikuti secara daring oleh para cakades dari masing-masing kecamatan.

Tak hanya diikuti oleh ratusan Cakades, acara ikrar damai yang dikemas dalam acara istighosah itu juga diikuti oleh ratusan tim sukses (Timses) dari masing-masing Cakades. Mereka turut hadir mendampingi para Cakades jagoannya di masing-masing pendapa kecamatan di 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo.

Disaksikan jajaran Forkopimda dan para tokoh agama berpengaruh di kabupaten Probolinggo, kegiatan ikrar damai yang menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat itu berjalan dengan lancar dan kondusif.

“Ikrar ini merupakan ikhtiar kita bersama untuk menentukan pemimpin yang sesuai dengan karakter desa masing-masing. Karena itu, menjadi tanggung jawab kita bersama agar pilkades serentak ini sukses dan aman,” jelas Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko, dalam sambutannya kemarin.

Dia juga mengingatkan agar ikrar damai ini menjadi kewajiban moral dan kewajiban hukum bagi seluruh cakades dan pendukungnya, untuk bersama-sama mengawal pilkades serentak ini.

“Semua diharapkan bisa menjalani pilkades serentak secara amanah, profesional, dan damai. Sekaligus adanya ajang Pilkades serentak ini menjadi ikhtiar bersama untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Probolinggo melalui Kabag Ops Polres Probolinggo Kompol Heri Susanto mengatakan pilkades serentak kali ini dilaksanakan di masa pandemi, diharapkan pilkades serentak ini sukses, damai dan aman dari penyebaran Covid-19.

“Kami (Polres Probolinggo) senantiasa selalu mengajak peran serta masyarakat, untuk selalu menjaga sportifitas, toleransi, kedepankan sikap santun dan disiplin protokol kesehatan dalam pelaksanaan pilkades serentak”, katanya.

Ditegaskannya pula bahwa kepolisian juga tidak akan segan untuk menindak secara tegas para oknum simpatisan maupun Cakades yang membuat keributan maupun melanggar prokes. “Jangan main-main dengan mengganggu kamtibmas sebelum dan paska Pilkades serentak. Karena Pilkades kali ini sangat dinantikan oleh masyarakat, sehingga harus disukseskan mulai tahap awal hingga akhirnya,” tegasnya.

Seperti diketahui, Pilkades serentak di Kabupaten Probolinggo, dilaksanakan pada 17 Pebruari 2022 mendatang. Jumlah calon kepala desa yang bertarung di 250 desa sebanyak 803 orang. Pelaksanaan ikrar damai dan istighotsah dilaksanakan secara daring, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. (tm/iwy)


Bagikan Artikel