Politik & Pemerintahan

Tanggal Pilpres dan Pilkada Ditentukan


PROBOLINGGO – Pemilihan Presiden memang masih jauh. Namun, tanggal pasti pesta demokrasi tersebut sudah ditentukan, yaitu 14 Februari 2024. Hal tersebut ditetapkan setelah ada kesepakatan antara KPU RI, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), DPR RI, juga Bawaslu.

Pada 14 Februari 2024 mendatang tidak hanya akan dilakukan Pemilihan Presiden, tetapi juga akan digelar pemilihan anggota legislatif tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, juga DPR RI.

“Kami siap melaksanakan apa pun keputusan dari penyelenggara, pemerintah, dan juga DPR yang berkaitan dengan pilpres tersebut,” kata Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo Ali Wafa, Rabu (26/1).

Selain penetapan tanggal pilpres dan pileg, dalam kesepakatan tersebut juga ditetapkan tanggal untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada). Baik di tingkat Kabupaten/Kota maupun di tingkat Provinsi.

“Pilkada juga di tahun yang sama, baik itu Bupati, Wali Kota, ataupun Gubernur. Namun yang membedakan di sini adalah tanggalnya. Untuk pilkada ini akan digelar pada 27 November 2024,” ujarnya.

Dengan ditetapkannya tanggal tersebut, tentu menurutnya juga akan diikuti dengan gelaran pilkada di Kabupaten Probolinggo dan sejumlah Kabupaten/Kota lainnya di Jawa Timur.        “Artinya pemilihan Bupati Probolinggo itu digelar setelah pilpres. Pelaksanaannya bareng dengan pemilihan Gubernur Jatim untuk pilkada Probolinggo,” ujarnya.

Komisioner yang menjadi koordinator di Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat pada KPU setempat tersebut pun mengaku senang. Pasalnya, dengan adanya kesepakatan tersebut, pihaknya sudah bisa mengetahui pasti hari dan tanggal pelaksanaan pesta demokrasi mendatang. “Tentu kami senang, karena memang (informasi) ini yang ditunggu-tunggu. Karena selama ini banyak warga yang bertanya,” ujarnya.

Selanjutnya, pihaknya masih harus menunggu instruksi lanjutan dari KPU RI untuk segera memulai tahapan persiapan Pilpres tersebut. “Seperti pembagian dapil, itu stratnya kami masih menunggu informasi lanjutan dari KPU RI,” ujarnya. (ay/iwy)


Bagikan Artikel