Politik & Pemerintahan

Skor Sama, 10 Bacakades Dites Tulis


PROBOLINGGO – Sepuluh bakal calon kepala desa (bacakades) dari 4 desa di 4 kecamatan di Kabupaten Probolinggo terpaksa harus mengikuti tahapan seleksi tes tulis. Itu karena mereka dinyatakan memiliki skor sama dalam tahapan skoring, sehingga harus ditentukan melalui mekanisme tes tulis.

Tes tulis tersebut diselenggarakan oleh Panitia Pemilihan (Panlih) tingkat desa masing-masing dan digelar terpusat di ruang auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo di Kota Kraksaan, Senin (3/1).

Terdapat sederet nama bacakades yang hadir, yakni Makmur Hidayat dan Ugik Arie Harminto dari Desa Sebaung Kecamatan Gending. Kemudian Rizki Jayantika, Dadung Bimantoro dan Muhammad Walid Al M dari Desa Selogudig Wetan Kecamatan Pajarakan. Abu Amal dan Heriyanto dari Desa Pakuniran Kecamatan Pakuniran. Berikutnya, Mohammad Husni, Irvan Rangga Pamungkas dan Dzackirendy Springfield dari Desa Sumberkedawung Kecamatan Leces.

Dalam pelaksanaan seleksi tambahan ini, soal tes tulis disiapkan oleh Panitia Pemilihan tingkat kabupaten (Pankab). Masing-masing bacakades harus mengerjakan sebanyak 50 soal dalam waktu 90 menit. Soal-soal itu meliputi pengetahuan umum, pemerintahan desa, Covid-19, budaya dan matematika.

Selama pelaksanaan seleksi tambahan tes tulis tersebut, yang ada di dalam ruangan hanya panlih desa dan peserta tes tulis. Sedangkan yang lain berada di luar ruangan sampai ujian selesai. Setelah ujian selesai langsung diadakan koreksi secara bersama-sama oleh masing-masing panlih desa. Dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara seleksi tambahan bacakades.

Dari hasil tes tulis ini, bacakades dari Desa Sebaung Makmur Hidayat memperoleh nilai 56 dan Ugik Arie Harminto memperoleh nilai 72. Bacakades dari Desa Selogudig Wetan Rizki Jayantika memperoleh nilai 60. Dadung Bimantoro memperoleh nilai 66 dan Muhammad Walid Al M tidak memperoleh nilai karena tidak hadir.

Kemudian bacakades dari Desa Pakuniran Abu Amal memperoleh nilai 100 dan Heriyanto memperoleh nilai 70 serta bacakades dari Desa Sumberkedawung Mohammad Husni memperoleh nilai 82, Irvan Rangga Pamungkas memperoleh nilai 80 dan Dzackirendy Springfield memperoleh nilai 72.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan seleksi tambahan tes tulis ini merupakan ranah dari panlih desa. Pekab Probolinggo dalam hal ini hanya memfasilitasi tempat dan soal ujian. Hal ini dilakukan supaya pengamanan dan lainnya bisa fokus dan tidak berpencar-pencar di beberapa desa.

“Soal ujian sudah kita siapkan sesuai dengan arahan Forkopimda Kabupaten Probolinggo. Forkopimda juga kita mintai untuk memberikan tambahan soal ujian. Alhamdulillah, semuanya berjalan secara lancar dan tuntas. Sekali lagi ini tetap penyelenggaranya adalah panlih desa. Kami hanya memfasilitasi penyediaan tempat dan soal ujian,” katanya, kemarin.

Heri mengharapkan ke depan mudah-mudahan pelaksanaan Pilkades ini betul-betul dapat dilaksanakan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. Selain itu tidak ada dinamika yang mengganggu pelaksanaan pilkades. “Insha Allah masyarakat sudah terbiasa karena ada pembelajaran politik. Mari bersama-sama sukseskan pilkades serentak di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel