Politik & Pemerintahan

2021, Pemkot Probolinggo Raih 14 Penghargaan


PROBOLINGGO – Sepanjang tahun 2021, Kota Probolinggo berhasil mendapatkan sebanyak 14 penghargaan. Terdiri dari 7 penghargaan tingkat nasional dan 7 penghargaan tingkat regional. Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menyatakan, seluruh penghargaan tersebut merupakan wujud komitmen pemerintah melayani masyarakat.

“Prestasi atau penghargaan yang kami terima menjadi ukuran bahwa apa yang telah kami lakukan bermanfaat bagi masyarakat. Penghargaan bukan untuk kebanggaan saja tetapi aspek manfaat harus betul-betul dirasakan oleh masyarakat,” tegas Habib Hadi, saat jumpa pers di halaman Kantor Walikota Probolinggo, Rabu (22/12).

Penghargaan yang berhasil diraih pada tingkat nasional diantaranya, Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-4 atas laporan hasil pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Probolinggo tahun anggaran 2020. Selanjutnya Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Kategori Nindya Tahun 2021. Ada juga Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori utama tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Yang keempat adalah BKN Award 2021 peringkat 3 tingkat nasional kategori Penilaian Kompetensi.

Kemudian penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2021 diberikan kepada Pemkot Probolinggo atas inovasi Pelita Si Abah (pemanfaatan limbah tahu sebagai alternatif bahan bakar murah dan ramah lingkungan). Selanjutnya Anugerah meritokrasi penerapan sistem merit dalam manajemen ASN kepada instansi pemerintah daerah kategori baik dengan nilai 271,5.

Terbaru, ada penghargaan atas Implementasi Program Smart City “Siskia Pro Cantik” (sistem informasi kesehatan ibu dan anak Probolinggo, cermat, andal, teliti, informatif dan kualitas) kategori smart living gerakan menuju smart city dari Kementerian Kominfo RI.

Sementara itu, di tingkat regional, Kota Probolinggo punya 7 penghargaan. Seperti dari Beritajatim media digital award sebagai pemenang 10 besar Pengelolaan Website Pemda Se-Jatim tahun 2021. Selanjutnya Penghargaan untuk Wali Kota Probolinggo atas kerjasama mewujudkan Nawa Bhakti Satya melalui Jatim berdaya dalam program One Pesantren One Product (OPOP), apresiasi OPOP tahun 2021.

Dari Komisi Informasi Awards 2021, Kota Probolinggo menyabet dua kategori sekaligus. Pertama, kategori Badan Publik Menuju Informatif tingkat Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Kedua, kategori Penyedia Informasi Berkala Terbaik tingkat Kabupaten/Kota se-Jawa timur tahun 2021.

Walikota Habib Hadi juga mendapat penghargaan sebagai Kepala Daerah Penggiat Inovasi Terbaik tingkat Jawa Timur. Ada juga penghargaan sebagai Forikan yang berperan aktif dalam pembinaan UKM pengolah dan pemasar produk kelautan dan perikanan. Lalu menjadi Juara II Penganugerahan Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Paritrana Award 2021.

Dengan banyaknya prestasi tersebut, Walikota Habib Hadi berkomitmen akan memperbaiki dan menyempurnakan segala kekurangan pemerintah akan disempurnakan dan diperbaiki. Tujuannya bukan hanya prestasi, tapi capaian manfaat untuk masyarakat. Untuk itu ia berharap seluruh elemen masyarakat ikut memberikan semangat dan mengingatkan bahwa prestasi ini berkat kekompakan semuanya.

“Ini wujud komitmen yang dihasilkan bersama.  Melakukan hal terbaik di semua bidang untuk Kota Probolinggo. Keterlibatan semua stakeholder bukan semata-mata hasil prestasi sendiri, tapi berkat komitmen bersama untuk saling menguatkan satu sama lain,” terang Walikota. (rul/adv)


Bagikan Artikel