Politik & Pemerintahan

Pendataan DPT Pilkades Dimulai Januari


PROBOLINGGO – Tahapan Pilkades Serentak 2022 sedang memasuki masa panjaringan ulang atau masa pendaftaran pilkades kembali. Ini berjalan di sejumlah desa yang belum mempunyai bacakades atau hanya memiliki 1 bacakades.

Masa pendaftaran kembali akan dibuka hingga 20 Desember nanti. Muhammad Idris selaku Kasi Pembinaan Aparatur Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menyatakan, setelah masa penetapan calon kepala desa (cakades) untuk masa penjaringan kembali ini, tahapan selanjutnya adalah pendataan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Pendataan DPT ini akan dimulai awal Januari nanti, tepatnya pada tanggal 6 Januari 2022,” katanya, Minggu (19/12).

Ia menjelaskan, pendataan DPT ini akan dilakukan dalam masa hampir mencapai 2 pekan. Hal ini untuk memasimalkan kinerja panitia dalam melakukan pendataan, agar tidak ada warga yang sudah berhak menggunakan hak suaranya, luput dari pendataan panitia.

“Dari pendaftaran, penetapan, dan pengumuman DPT, itu waktunya selama 13 hari kerja, terhitung sejak tanggal 6 Januari itu. Jadi, pengumumannya ini pekan, pekan akhir Januari,” ujarnya.

Ia pun berharap, dengan masa waktu pendataan DPT yang ada, para panitia bisa bekerja maksimal. Pasalnya, 1 suara DPT itu turut serta menentukan pemimpin desa selama 6 tahun ke depan.

“Tentu dalam pesta demokrasi, 1 suara itu sangat penting. Makanya sebelum penetapan, panitia harus aktif memaksimalkan waktu yang ada untuk melakukan pendataan,” paparnya.

Sementara itu, saat ini masiih ada 11 desa yang kembali melakukan penjaringan pendaftar calon kepala desa. Untuk 11 desa tersebut, nantinya penetapan cakadesnya akan diumumkan pada tanggal 5 Januari nanti.

“Paska pengumuman untuk 11 desa ini, baru kami mulai untuk DPT. Tapi untuk desa yang tetap mempunyai 2 pendaftar cakades, maka pilkadesnya ditunda,” terangnya. (ay/iwy)


Bagikan Artikel