Politik & Pemerintahan

Tetapkan Cakades dan Undi Nomor Urut


PROBOLINGGO – Tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 di Kabupaten Probolinggo memasuki tahapan penetapan dan pengundian nomor urut calon kepala desa (cakades), Rabu (8/12). Namun, ada beberapa desa yang belum ditetapkan, lantaran tidak memiliki bacakades.

Penetapan dan pengundian nomor urut cakades yang dihadiri oleh semua bakal cakades ini dilaksanakan di masing-masing kantor desa. Setiap penetapan  disaksikan oleh Forkopimka masing-masing.

Dalam penetapan itu, Plt Bupati Probolinggo HA Timbul Prihanjoko bersama Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, Dan Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arh. Arip Budi Cahyono melakukan pemantauan. Yang dipantau untuk tahap penetapan dan pengundian nomor urut cakades adalah di Desa Sogaan, Kecamatan Pakuniran.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim Letkol Arh. Arip Budi Cahyono menyampaikan ucapan selamat kepada cakades yang sudah lolos syarat administratif dan mendapatkan nomor urut sebagai peserta Pilkades serentak tahun 2022.

“Mari kita ciptakan suasana Kabupaten Probolinggo yang sudah kondusif ini menjadi lebih kondusif. Jika sudah kondusif, maka desanya akan aman. Apabila desanya aman, Kabupaten Probolinggo secara umum akan aman,” ujarnya.

Menurut Dandim, kunci kesuksesan itu dimulai dari keamanan dulu. Apa yang diprogramkan oleh Pemerintah Daerah tidak akan berjalan dengan baik apabila lingkungannya tidak aman. Aman dan tidaknya desa ini akan dimulai dari pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022.

“Saya berharap kepada kedua calon, laksanakan kompetisi yang bersih dan sehat karena kita semua bersaudara. Silakan berebut pengaruh kepada masyarakat dengan cara yang sehat dan tidak boleh saling menjelekkan satu sama yang lain. Saya ingin Pilkades ini berjalan dengan baik dan yang terpilih harus sama-sama kita dukung. Mari kita samakan persepsi niat hati untuk membangun desa supaya bisa sejahtera,” tegasnya.

Sementara Plt Bupati Probolinggo HA Timbul Prihanjoko menyampaikan bahwa penetapan dan pengundian nomor urut dilakukan di desa yang telah terdapat paling sedikit 2 dan paling banyak 5 orang cakades. Setiap cakades harus memenuhi syarat administratif.

“Harapannya tentu pelaksanaan Pilkades berjalan dengan sukses sesuai dengan yang kita harapkan bersama. Tentunya kalau ada dinamika itu sudah biasa dalam setiap perhelatan pesta demokrasi. Semoga bisa segera diselesaikan dengan baik,” harapnya. (yek/iwy)


Bagikan Artikel