Politik & Pemerintahan

Perpanjangan Pendaftaran Cakades Segera Dimulai


PROBOLINGGO – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo kini tengah bersiap untuk membuka kembali kesempatan bagi bakal calon kepala desa (bacakades) yang ingin mendaftar. Rencananya, pendaftaran tersebut akan digelar pada pekan awal Desember ini.

Kabid Penataan Desa pada DPMD Nur Rahmad Sholeh mengatakan, pendaftaran kembali ini hanya dikhususkan untuk desa yang saat pendaftaran ditutup pada Selasa (9/11) lalu hanya memiliki 1 bacakades pendaftaran. Sehingga, desa-desa yang sudah memiliki lebih dari 1 bacakades, tidak akan ada perpanjangan penjaringan.

“Sesuai regulasi, harus ada minimal dua bacakades yang kemudian naik jadi cakades. Jika tidak terpenuhi perlu perpanjangan pendaftaran,” katanya, Senin (29/11).

Dijelaskannya, sejauh ini ada beberapa desa yang tersebar di 4 kecamatan yang akan melakukan perpanjangan pendaftaran karena hanya memiliki 1 bacakades. Masing-masing adalah dari Desa Pondok Kelor dan Randutatah, Kecamatan Paiton; Desa Sumberan, Kecamatan Besuk; Desa Tanjung, Kecamatan Pajarakan; dan Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura.

Selain untuk desa-desa tersebut, penjaringan bacakades perpanjangan juga akan digelar di 3 desa lainnya yang berada di Kecamatan Sukapura. Sebab, ketiga desa tersebut tidak memiliki bacakades sama sekali hingga pendaftaran ditutup.   “Ketiga desa ini adalah Desa Jetak, Desa Ngadas, dan Desa Ngadirejo. Semuanya ada di Kecamatan Suaapura,” ujarnya.

Meski sudah ada bebearpa desa yang dipastikan akan melakukan masa penjaringan tambahan, tidak menutup kemungkinan akan ada desa-desa lain yang juga akan melakukan penjaringan tambahan. hal tersebut menurutnya tergantung dengan proses verifikasi dan klarifikasi yang dilakukan oleh panitia.

“Semisal ada di desa lain, ketika dilakukan verifikasi dan klarifikasi hasilnya hanya ada 1 bacakades yang lolos untuk ditetapkan menjadi cakades, maka ada perpanjangan juga,” terangnya.

Sebagai informasi, tahapan perpanjangan pendaftaran tersebut rencananya akan dimulai pada Rabu (8/12) nanti, atau sehari setelah tahapan verifikasi dan klarifikasi berkas bacakades tuntas pada Selasa (7/12) nanti. (ay/iwy)


Bagikan Artikel