Politik & Pemerintahan

984 Bacakades Daftar Pilkades Kabupaten Probolinggo


PROBOLINGGO – Sebanyak 984 Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) telah mendaftarkan diri sebagai kandidat kepala desa di 253 desa dalam 24 kecamatan di kabupaten Probolinggo. Jumlah ini masih bisa naik atau turun, lantaran belum masuk tahap penetapan calon kepala desa (Cakades). 

Kini mereka tengah menjalani tahapan Pilkades selanjutnya yakni proses penyaringan Bakal Calon yang dimulai sejak 10 November 2021 hingga 7 Desember 2021 mendatang.

Kepala Bidang Penataan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Probolinggo Nur Rahmad Soleh mengungkapkan, jumlah Bacakades tersebut merupakan hasil final. 

Dimana seluruh panitia Pilkades baik di tingkat desa maupun kecamatan, telah menyelesaikan proses rekapitulasi data dan berkas yang sesuai dengan aturan Perbup nomor 58 tahun 2021 tentang Pilkades. 

“Dengan tambahan data sebanyak 60 Bacakades terakhir dari kecamatan Gending. Totalnya terdapat sebanyak 984 Bacakades yang mendaftarkan diri sebagai calon kepala desa di 253 desa di kabupaten Probolinggo,” ungkapnya, Kamis (11/11).

Ditambahkannya sebaran untuk jumlah Bacakades pun relatif cukup merata. Dimana terdapat 8 desa dengan jumlah Bacakades yang mendaftar lebih dari 8 orang bahkan 11 orang. Semisal di desa Sumber Kedawung kecamatan Leces dan Brani Wetan kecamatan Maron yang terdapat 11 Bacakades yang akan berebut kursi Pilkades pada 17 Februari tahun depan. 

Namun, Diakui Rahmad memang masih ada beberapa desa yang masih kurang jumlah Bacakadesnya. Seperti di kecamatan Sukapura yang ada 3 disana yang masih nihil pendaftar Bacakades. Dan beberapa desa lainnya yang masih terdapat hanya 1 Bacakades yang mendaftar. Tersebar di kecamatan Paiton, Besuk, Leces, dan Pajarakan. 

“Kami masih membuka perpanjangan waktu untuk masa pendaftaran bagi total 9 desa yang Bacakadesnya kurang atau belum ada sama sekali. Harapannya di sisa waktu itu dimanfaatkan benar oleh desa warga untuk mendaftar sebagai Bacakades,” pungkasnya. (tm/ra)


Bagikan Artikel