Politik & Pemerintahan

Aksi Unjuk Rasa soal Pilkades Membuahkan Hasil


PROBOLINGGO – Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh ratusan warga Kabupaten Probolinggo, kemarin (8/11) membuahkan hasil. Dalam kesepakatan perwakilan massa bersama pihak eksekutif diputuskan akan menerima seluruh pendaftar dalam Pilkades tahap II ini.

Hasil kesepakatan itu dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh dua belah pihak. Ada dua poin penting yang dicatat di atas kertas putih itu. Poin pertama, pelaksanaan pendafataran pilkades dapat dilakukan dengan salah satu syarat vaksin dan swab keterangan.

Poin kedua, perwakilan pemerintah (pemkab) akan segera menyampaikan informasi sampai kepada kecamatan dan desa (panitia desa) segera mungkin (hari ini).

“Jadi kita sudah sepakati bersama bahwa surat keterangan vaksin yang ada dalam peraturan pilkades itu bisa digunakan,” ungkap Haris, seaku koordinator aksi.

Ia menjelaskan, dalam pendafataran nanti tidak peru menyatakan vaksin dosis 1 dan 2. Cukup menggunakan dosis 1, dan ditambah dengan surat keterangan vaksinasi yang akan dilakukan di hari kemudian. “Bahwa dalam surat keterangan itu, bakal calon kades masih dalam proses melakukan vaksin dosis 2,” katanya usai audiensi.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra setda Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto menyampaikan, aksi masa menuntut untuk menerima semua berkas pendaftaran dari bakal calon kades. “Masih ada jangka waktu terlepas dari verifikasi kebenaran berkas. Terkait vaksin tetap dosis 1 dan 2,” ujarnya dengan singkat.

Diketahui, massa aksi menuntut adanya Peraturan Bupati (Perbup) nomor 58 soal vaksinasi yang dinilai tidak sesuai dengan tenggang waktu yang ditentukan selama pandaftaran.

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 253 desa di Kabupaten Probolinggo sudah memasuki tahapan pencalonan. Tahapan ini diawali dengan penjaringan berupa pengumuman penerimaan pendaftaran bacakades mulai 28 Oktober hingga 9 November 2021 mendatang. Setelah panitia pilkades di tingkat desa terbentuk, maka saat ini sudah mulai melakukan penjaringan penerimaan pendaftaran bacakades. (yek/iwy)


Bagikan Artikel