Politik & Pemerintahan

Bacakades Keberatan PCR, Panitia Bergeming


PROBOLINGGO – Ada Peraturan Bupati tentang pelaksanaan Pilkades yang mewajibkan para Bakalan Calon Kepala Desa (Bacakades) untuk menjalani vaksinasi dan tes PCR. Ternyata  ada sejumlah Bacakades yang merasakan keberatan. Namun panitia Pilkades bergeming dan menyebut jika aturan tetaplah aturan.

Seorang Bacakades asal Kecamatan Sumberasih yang namanya tak ingin dikorankan, menyebutkan bahwa vaksinasi adalah hak azasi manusia. Termasuk menjadi haknya untuk menerima ataupun menolaknya.

“Kalau diwajibkan, kesannya memaksa. Iya kalau setelah divaksin tetap sehat. Kalau justru tambah sakit, bagaimana?” katanya kepada Koran Pantura,  Kamis (4/11).

Ditambahkannya, belum lagi waktu pendaftaran bacakades relatif singkat. Sehingga membuat para Bacakades harus ekstra keras dalam mengurus segala persyaratan menjadi Cakades.

“Kalau waktunya panjang, tidak masalah. Nah ini tidak sampai dua pekan, harus lengkap semua, kan repot di kita,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Panitia Pilkades Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan jika pihaknya tak mau ambil pusing dengan keluhan tersebut. Menurutnya Perbup nomor 58 tahun 2021 tentang Pilkades merupakan aturan mutlak yang dipakai untuk penyelenggaraan Pilkades serentak tahap II. Sehingga pedoman yang ada didalamnya harus dipatuhi.

“Aturannya kan mudah. Tinggal ikut vaksinasi dan jalani tes PCR sudah beres, ” ujarnya.

Disebutkan Heri, bagi mereka yang keberatan atau bahkan menolak untuk ikut aturan Perbup itu, pihaknya tidak akan menghalangi hal tersebut. Sebab, pada dasarnya panitia Pilkades bekerja sesuai aturan yang ada.

“Kalau syaratnya belum lengkap, maka secara otomatis gugur. Ini sudah sesuai dengan Perbup nomor 58 tahun 2021,” terangnya. 

Diterangkannya pula, apabila ada bakal calon kepala desa yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan tidak mau digeser ke tempat karantina selama 14 hari, dia juga akan dinyatakan gugur.

“Karena jika tidak mau dikarantina, maka dia tidak mempunyai surat keterangan negatif hasil swab PCR,” terangnya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel