Politik & Pemerintahan

Pilkades Serentak Siapkan 1.876 TPS


PROBOLINGGO – Gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap II di Kabupaten Probolinggo baru akan digelar pada 17 Februari 2022.  Namun pada gelaran tersebut, Dipastikan sedikitnya ada 765.825 warga yang akan menggunakan hak pilihnya. Mereka terbagi dalam 1.876 TPS yang tersebar di 253 desa penyelenggara Pilkades.

Hal tersebut diungkapkan Plt Bupati Probolinggo HA Timbul Prihanjoko pada saat memimpin rapat koordinasi (rakor) persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap II tahun 2022. Rakor itu dilangsungkan di Rumah Dinas Bupati Probolinggo, pada Minggu (24/10) malam.

“Ada sekitar 765.825 hak pilih warga di 253 desa pelaksana Pilkades serentak tahap dua. Mereka nantinya akan tersebar di 1.876 tempat pemungutan suara yang menerapkan protokol kesehatan ketat,” ungkapnya.

Dijelaskan, pelaksanaan pilkades serentak di 253 desa di 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo itu akan dilaksanakan sesuai Peraturan Bupati Probolinggo nomor 1 tahun 2021. Perbup itu mengatur Pedoman, Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa. Dasar berikutnya, Peraturan Bupati Probolinggo nomor 58 tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Probolinggo nomor 1 tahun 2021.

“Pada saat ini kita fokus pada tahapan pembentukan panitia Pilkades yang kompeten. Karenanya, kecukupan berkas dari pendaftar calon kepala desa dapatnya menjadi perhatian semua pihak. Utamanya pada proses verifikasi dan validasi berkas selama 40 hari,” jelas Plt Bupati Timbul. 

Ditambahkan bahwa sebelum pelaksanaan pengumuman pendaftaran bakal calon kepala desa, tim kepanitiaan Kabupaten Probolinggo harus terlebih dahulu memaksimalkan kegiatan monev (monitoring dan evaluasi).

“Kegiatan monev dan pemantapan dilakukan terhadap simulasi tahapan pendaftaran bakal calon kepla desa. Tentunya harus memperhatikan penerapan protokol kesehatan, aman dari penyebaran Covid -19, serta teknis pelaksanaannya yang harus sudah matang,” pungkasnya.

Perlu diketahui bahwa Pemkab probolinggo sebelumnya telah sukses menggelar Pilkades serentak tahap I pada bulan Mei lalu. Di mana dalam pelaksanaan Pilkades di tengah masa pandemi Covid-19 itu jumlah desa pelaksanaannya mencapai 62 desa di 21 kecamatan di Kabupaten Probolinggo. (tm/iwy)


Bagikan Artikel