Politik & Pemerintahan

Walikota Probolinggo Hj Rukmini menyeka air matanya dengan sebuah sapu tangan warna putih saat berpidato di upacara bendera di halaman Pemkot Probolinggo, kemarin (21/1). (Agus Purwoko/Koran Pantura)

Pimpin Upacara Terakhir, Walikota Menangis


PROBOLINGGO – Ada pemandangan langka ketika upacara di halaman Pemkot Probolinggo, Senin (21/1) pagi. Walikota Probolinggo Hj Rukmini menitikkan air mata di depan pegawainya ketika menyampaikan amanah Inspektur Upacara.

Upacara kemarin adalah upacara terakhir yang dipimpin oleh Hj Rukmini selaku walikota. Pasalnya, pada 28 Januari mendatang, jabatan walikota sudah berganti.

Isak tangis Walikota pecah saat mengucapkan salam perpisahan dan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan keluarganya. “Terimakasih kepada Ibu saya, suami, anak, menantu, dan seluruh keluarga,” tutur Hj Rukmini.

Pidatonya sempat terhenti sejenak ketika Rukmini menyeka tetes air matanya dengan sapu tangan putih. Sesaat setelahnya, ia kembali melanjutkan pembacaan naskah pidato tersebut.

Menurutnya, berkat doa, dukungan, dan kasih sayang keluarga dan masyarakat, ia menjabat Walikota Probolinggo. “Meski perjalanan kami dalam memimpin kota ini tidak semulus rencana, tetapi berkat bimbingan keluarga, semua pejabat di Pemkot, tokoh masyarakat dan ulama, kami berhasil melewati tantangan,” ungkapnya.

Hj Rukmini mengatakan, upacara kemarin merupakan upacara terakhirnya sebagai Walikota. Tak lama lagi, ia akan mengakhiri jabatannya. Selama menjabat Walikota, tentunya banyak kenangan dan pengalaman yang telah dilalui.

Soal pencapaian pembangunan, dikatakan sudah banyak yang telah diperbuat untuk masyarakat. “Lima tahun telah berlalu, tidak terasa hari-hari berharga yang saya rasakan (sebagai Walikota) akan segera berakhir,” ungkapnya.

Ia kemudian menceritakan riwayatnya ketika menjadi walikota. Ia mengemban amanah tersebut sejak 28 Januari 2014 silam, menggantikan suaminya HM Buchori yang menjabat sebagai Walikota selama dua periode. “Tak terasa, lima tahun kami membangun kota. Seminggu lagi kami masa jabatan kami berakhir digantikan Hadi Zainal Abidin,” kata Hj Rukmini.

Pada kesempatan itu, Rukmini berharap para pejabat dan ASN untuk meningkatkan kinerjanya. Hendaknya, kata Rukmini, para pejabat di lingkungan Pemkot bekerja lebih giat dan profesional.

Kepada Walikota yang akan menggantikannya, Hj Rukmini mengajak untuk  mempertahankan prestasi dan penghargaan yang pernah diraih selama kepemimpinannya. “Jaga terus prestasi yang kita raih. Lanjutkan program yang sudah baik semasa kepemimpinan kami,” harap Ibu dari 4 anak ini. 

Ia mengungkapkan, menjabat Walikota bukan perkara mudah seperti membalikkan telapak tangan. “Dibutuhkan dukungan dan kekompakan dari berbagai komponen masyarakat. Termasuk dukungan dari pegawai Pemkot,” katanya.

Di akhir pidato, Hj Rukmini mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada seluruh masyarakat yang telah ikut serta dalam mewujudkan Kota lebih baik. “Kami berharap, peran dan kontribusi terjaga guna mendukung program kepemimpinan Wali Kota Hadi Zainal Abidin dan Wakil Wali Kota HM Soufis Subri,” terangnya. (gus/eem)


Bagikan Artikel