Politik & Pemerintahan

Pengadaan 9 Genset Jadi Catatan Banggar


PROBOLINGGO – Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Probolinggo memberikan catatan terhadap pengadaan genset yang bersumber dari dana hibah. Bahkan, pengadaan genset itu diminta untuk berkonsultasi kepada gubernur.

Hal itu terungkap dalam rapat paripurna Banggar tentang Perubahan APBD Kota Probolinggo 2021. Mulanya, salah satu anggota Banggar Saiful Rohman menanyatan, apakah diperbolehkan salah satu lembaga secara terus menerus mendapatakan dana hibah. Apalagi, pada APBD induk 2021, lembaga itu sudah mendapatkan kucuran dana hibah. Kemudian, pada P APBD diusulkan mendapatkan kucuran dana hibah.

“Apakah boleh seperti itu? Pada APBD induk sudah dapat, nah P-APBD kembali diusulkan untuk mendapatkan dana lagi?” tanya Saiful pada Inspektorat Kota Probolinggo  Tartib Gunawan yang juga didampingi dengan Sekda Ninik Ira Wibawati.

Lembaga yang dimaksud Saiful yakni Palang Merah Indonesia (PMI). Nah, ternyata PMI yang sudah dapat dana hibah di awal tahun ternyata kembali mengajukan dana hibah untuk dibelanjakan pembelian genset di kantor PMI. Namun, pengajuan itu dilakukan pada P-APBD.

Banggar menilai, pengajuan penerimaan dana hibah selama dua kali di tahun yang sama menjadi sedikit aneh. Apalagi lembaga tersebut sudah menerima hibah secara terus menerus setiap tahun. “Apakah boleh mengajukan dua kali,” kata politisi PKS tersebut.

Menanggappi hal tersebut, Inspektur Tartib menyatakan dalam penetapan apakah itu boleh atau tidak, ada berbagai tahapan. Ada review, ada audit dan ada juga monitoring evaluasi. Namun, adanya lembaga yang masih mengajukan dalam P-APBD itu termasuk review.

“Ketika masih pengurusan anggaran, tidak boleh audit, tapi review. Review dilakukan dengan aturan aturan yang ada. Dan review ini ada hubungan dengan OPD yang direview dan yang mereview ada kesepakatan. Setelah pembelanjaan itu namanya audit. Kemudian terkait dengan belanja hibah, ketika urusan wajib dicukupi dulu. Seperti Dinkes sudah mencukupi semuanya, gaji, tercukupi, baru melakukan hibah atas verifikasi seperti PMI ini. Itu termasuk review,” papar Tartib.

Namun, jawaban itu tidak memuaskan anggota Banggar, termasuk Wakil Ketua DPRD Fernanda Zulkarnain. Bahkan, politisi Golkar itu meminta kepada tim anggaran untuk mencoret usulan tersebut, karena jawaban dari Inspektur dinilai ambigu. “Ditanya boleh apa tidak, ternyata masih ambigu. Kalau memang ambigu, coret saja. Kalau nggak boleh (mengajukan dua kali, red) kenapa harus dianggarkan,” kata Fernanda.

Sementara, Sekda Ninik Ira Wibawati mengatakan ada beberapa poin yang menjadi alasan utama kenapa PMI kembali mengajukan proposal dana hibah pada P-APBD 2021 itu. Salah satunya karena di saat pandemi seperti saat ini, PMI dibutuhkan. Salah satunya untuk donor darah, donor plasma. “Jadi kaitannya itu juga kemarin. Ada perwalinya kok. Perwali nomor 29/2021 tentang penetapan hibah, secara terus menerus sesuai dengan kekuatan anggaran daerah,” katanya.

Namun, jawaban dari Sekda itu masih belum bisa terima. Apalagi perwali yang dinilai masih sangat dini terhadap usulan dana hibah untuk PMI. “Sebenarnya untuk penanganan Covid tidak masalah. Hanya memang yang perlu diperhatikan adanya perwali yang dinilai baru, apakah karena usulan PMI itu kemudian ada perwali yang baru, ini yang menjadi catatan,” katanya.

Dengan kondisi seperti itu, Banggar memberikan catatan terhadap pengadaan genset yang diusulkan pada P-APBD. “Jadi gemuk di pengadaan genset,” timpal anggota Banggar Sibro Malisi.

Politisi Nasdem itu kemudian mengusulkan kepada Pemkot Probolinggo untuk berkonsultasi kepada Gubernur terhadap permasalahan tersebut. “Ya tentu itu menjadi catatan banggar, dan meminta agar hal itu dikonsultasikan kepada Gubernur, boleh apa tidak,” katanya.

Dari data yang diterima Kora Pantura, setidaknya ada pengadaan sembilan genset pada P- APBD 2021 itu. Selain PMI dengan alokasi anggaran Rp 300 juta, ada delapan lain yang mengusulkan dana hibah untuk pengadaan genset. Total ada delapan genset untuk pesantren dengan menelan anggaran Rp 2 miliar. (rul/iwy)


Bagikan Artikel