Politik & Pemerintahan

Pemkab Probolinggo Larang ASN Nyalon Kades


PROBOLINGGO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo memutuskan tetap tidak akan memberikan izin atau rekomendasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mencalonkan diri dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Februari 2022 mendatang. Hal ini tentunya memupus harapan sejumlah ASN yang menginginkan jabatan tertinggi di tingkat desa tersebut.

Asisten I Pemerintahan Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan, sebelumnya memang anggota DPC Apdesi Kabupaten Probolinggo yang menginginkan agar ASN diperbolehkan menjadi calon dalam pilkades. Namun, setelah melakukan kajian pihaknya tetap akan melarang ASN untuk menjadi cakades, seperti pada pilkades Mei lalu.

“Masih sama dengan Mei lalu, ASN tidak boleh nyalon. Biar maksimal kinerjanya di tempatnya bertugas sebagai ASN dalam membantu pembangunan Kabupaten Probolinggo,” kata Heri, Kamis (16/9).

Namun, ia menjelaskan, ASN tersebut tetap dapat menjadi cakades dengan memenuhi syarat yang ditetapkan. Dijelaskannya, ASN yang memaksa ingin menjadi cakades, harus rela mengundurkan diri dari jabatannya sebelum mendaftar sebagai cakades. “Seperti halnya TNI dan Polri, kalau mau maju pilkades, mundur dulu. Begitupun dengan ASN,” ucapnya.

Heri pun menjelaskan, pihaknya sempa bingung ketika usulan tersebut berasal dari DPC Apdesi setempat. Pasalnya, usulan pelarangan ASN menjadi cakades tersebut juga salah satunya berasal dari pihak Apdesi.

“Dulu Apdesi yang mengusulkan, tapi sekarang minta diperbolehkan. Namun, kami tetap tidak akan mengizinkan,” tegasnya.

Menggapi hal tersebut, Ketua DPC Apdesi Kabupaten Probolinggo Hasanuddin pun mendukung kebijakan tersebut. Hal itu tidak terlepas dari alasan yang dikemukakan oleh pihak pemkab yang mengininkan ASN fokus membantu pembangunan Kabupaten Probolinggo dari tempatnya bertugas.

“Memang dulu kami yang mengusulkan agar ASN dilarang. Karena pada pilkades lalu itu banyak Pj Kades yang notabene ASN ingin mencalonkan diri sebagai Kades,” ujarnya. (ay/iwy)


Bagikan Artikel