Politik & Pemerintahan

DPRD: Segera Tuntaskan Perbup Pilkades


PROBOLINGGO – DPRD Kabupaten Probolinggo meminta kepada pihak eksekutif agar  revisi Peraturan Bupati (Perbup) yang akan digunakan dalam Pilkades Serentak 2022 dirampungkan dalam bulan ini. Hal itu demi mengoptimalkan waktu untuk melakukan sosialisasi sebelum tahapan pilkades dimulai.

Wakil Ketua DPRD Oka Mahendra Jati Kusuma mengatakan, pihaknya sangat berharap revisi perbup tersebut bisa dikebut dan bisa tuntas dalam bulan ini. Sehingga, pada Oktober mendatang, pihak eksekutif sudah bisa melakukan sosialisasi. “Kalau bisa harus selesai di bulan ini, biar sosialisasinya bisa maksimal,” kata Oka, Senin (13/9).

Lebih dari itu, menurutnya, semakin cepat revisi perbup tersebut selesai digarap tentunya akan semakin bagus. Pasalnya, sesuai rencana, Pemkab Probolinggo akan memulai tahapan pilkades pada pekan terakhir bulan Oktober.

“Semakin cepat semakin bagus. Karena kalau saya hitung dari saat ini sampai pilkades yang rencananya digelar pada akhir Februari 2022 nanti, masih ada waktu sekitar 23 minggu,” terangnya.

Meski begitu, Oka tetap berharap, poin-poin yang akan dijadikan regulasi dalam revisi perbup tersebut dapat diterima oleh semua pihak. Tidak ada pihak yang dirugikan dalam perbup tersebut, sehingga tidak menimbulkan polemik kembali.

“Tetap poin-poinnya jangan sampai menimbulkan polemik, muatan-muatan lokal yang berasal dari kearifan lokal perlu dijadikan bahan kajian, biar maksimal perbupnya,” terangnya.

Sementara itu, Kabag Hukum Setda Kabupaten Probolinggo Priyo Siswoyo mengatakan, saat ini pihaknya sedang menggodok perubahan perbup tersebut. Lebih dari itu, pihaknya juga mengaku siap menerima masukan-masukan dari pihak legislative untuk dijadikan bahan kajian.

“Kami memang berusaha untuk segera menyelesaikan perubahan perbup ini, biar sosialisasi dan tahapan pilkades bisa segera dimulai,” ujarnya. (ay/iwy)


Bagikan Artikel