Politik & Pemerintahan

Swab Gratis untuk Peserta Seleksi CPNS


PROBOLINGGO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo memberi layanan swab antigen khusus bagi peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan PPPK 2021 yang akan mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Pelayanan itu diberikan secara cuma-cuma di puskesmas terdekat dengan bersyarat.

“Untuk mengikuti swab antigen gratis ini, para peserta CPNS dan PPPK 2021 cukup membawa KTP domisili Kabupaten Probolinggo dan Kartu Peserta Ujin SKD 2021,” kata juru bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica.

Menurut dokter Dewi, pelayanan swab antigen gratis ini bisa dilakukan di puskesmas terdekat dan Labkesda Kabupaten Probolinggo. Bahkan, pelayanan swab antigen gratis tersebut bisa dilakukan oleh peserta H-1 sesuai jadwal SKD peserta.

“Siapapun yang akan mengikuti tes CPNS dan PPPK guru maupun non guru, boleh mengikuti pelayanan swab antigen gratis. H-1 dari pelaksanaan tesnya di puskesmas terdekat maupun Labkesda,” jelasnya.

Dewi menerangkan, pelayanan swab antigen gratis ini diberikan dengan tujuan tidak sampai terjadi penularan pada waktu tes SKD. “Kami dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo selalu menyediakan dan memberikan kemudahan bagi masyarakat maupun orang-orang yang bekerja di instansi layanan Pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk bisa menggunakan fasilitas swab antigen secara gratis dan mudah,” terangnya.

Oleh karena itu dokter Dewi meminta kepada seluruh peserta CPNS dan PPPK 2021 untuk selalu mematuhi 5 M demi mencegah penularan Covid-19. Menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Saat ini swab antigen itu bukan hanya digunakan untuk melengkapi persyaratan, tetapi juga bisa digunakan manakala kita merupakan kontak erat atau kita beresiko terhadap penyakit Covid-19,” katanya. (yek/iwy)


Bagikan Artikel