Politik & Pemerintahan

Sekretaris KPU Kabupaten Probolinggo Hanya 2 Pendaftar


PROBOLINGGO – Seleksi administrasi pendaftar calon sekretaris Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Probolinggo sudah ditutup pada Minggu malam (29/8). Hasilnya, pendaftarnya sedikit. Yakni dua orang. Namun dua pendaftar tersebut dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Tim seleksi calon sekretaris KPUD setempat Aliwafa mengatakan, jumlah 2 pendaftar tidak memenuhi kuota yang ditentukan oleh surat yang dikeluarkan oleh KPU RI. “Minimal kuota yang harus terpenuhi dalam seleksi administrasi berjumlah tiga orang. Ini hanya dua orang,” ungkapnya.

Karena kuota tidak terpenuhi, alhasil KPU RI tidak merilis nama-nama yang lolos seleksi administrasi di KPUD Kabupaten Probolinggo. Hal ini menurutnya juga terjadi di beberapa daerah lainnya di jawa timur. Dari 9 kabupaten/kota yang membuka pendaftaran sekretaris KPU, hanya 4 KPUD yang memenuhi kuota minimal calon pendaftar 3 orang atau lebih.

“Di Jawa Timur yang memenuhi kuota itu hanya KPU Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Situbondo, dan Kota Malang,” terangnya.

Ia menerangkan, penetapan calon sekretaris akan berada di bawah wewenang penuh dari Sekretaris Jenderal KPU RI. Bahkan bisa jadi, jabatan tersebut diisi oleh orang dari luar Kabupaten Probolinggo.

“Mekanismenya nanti bisa dengan sistem mutasi dari pendaftar di KPUD lainnya yang lolos seleksi. Atau, bisa dengan promosi dari dua pendaftar yang ada. Semuanya tergantung dari keputusan sekjen,” terangnya.

Sebelum diputuskan, pihaknya tetap akan mengajukan tiga nama kepada Sekjen KPU RI untuk dipilih salah satunya sebagai Sekretatis KPUD setempat.

“Nanti tahapannya setelah tes wawancara ini kami akan mengajukan tiga nama untuk dipilih. Dua dari pendaftar yang ada, satu nama berasal dari hasil mutasi KPU RI,” ujarnya. (ay/eem)


Bagikan Artikel