Politik & Pemerintahan

Dua Komisi DPRD Kota Probolinggo Kunker


PROBOLINGGO – Lagi, sejumlah anggota DPRD Kota Probolinggo melakoni kunjungan kerja (kunker) ke sejumlah daerah. Padahal, saat ini DPRD bersama eksekutif tengah membahas KUA-PPAS APBD 2022.

Berdasar informasi yang dihimpun, 2 dari 3 Komisi di DPRD Kota Probolinggo yang kunker ialah Komisi I dan III. Sedangkan Komisi II yang diketuai Sibro Malisi tidak ikut keluar kota.

Adapun daerah yang dikunjungi Komisi I pimpinan Abdul Jalal meliputi Kabupaten Tuban (Minggu-Senin), dan Bangkalan (Selasa-Rabu). Sedangkan Komisi III yang diketuai Agus Riyanto berkunjung ke Surakarta. Kunker tersebut berlangsung selama 3 hari, yakni mulai Minggu hingga Selasa. Padahal, di hari itu ada jadwal pembahasan KUA-PPS bersama eksekutif.

Menurut Ketua Komisi II Sibro Malisi, Komisi yang dipimpinnya tidak ikut kunker seperti rekan-rekannya yang lain karena tidak urgen. Apalagi saat ini tengah berlangsung pembahasan KUA-PPAS.

“Kunker dengan alasan study referensi tidak perlu. Anggota yang ikut pasti tidak hadir. Ya, selama mereka kunker. Sejak awal, komisi kami sepakat, kalau tidak urgen, ya tidak perlu kunker,” tegasnya saat dihubungi kemarin (22/8).

Sibro menganggap pembahasan KUA-PPAS lebih penting ketimbang studi referensi. Mengingat, yang tengah dibahas soal anggaran (APBD) satu tahun ke depan atau anggaran tahun 2022. “Kami tidak ingin justru pembahasan KUA-PPAS tidak maksimal. Ssaya tidak ingin nanti malah tidak mengetahui secara rinci mengenai pos anggaran masing masing mitra kerja,” kata Sibro Malisi.

Selain Komisi II tidak kunker, anggota dewan dari Fraksi NasDem yang masuk Komisi lain juga tidak ikut. kunker. Menurut Sibro, fraksinya tidak akan terpengaruh, meski anggota dewan yang lain kunker studi referensi.  

Sementara itu, Ketua Komisi III Agus Riyanto saat dihubungi via telepon membenarkan  kalau komisinya studi referensi di Solo. “Ini dalam perjalanan ke Surakata. Sudah nyampai di Saradan, Madiun,” ungkap Agus kemarin.

Kunjungannya ke Kota Solo berlangsung sampai Selasa (24/8). Agus mengatakan, meski komisinya kunker, namun pihaknya tetap mengikuti pembahasan KUA-PPAS. Pihaknya melaksanakan studi referensi karena Senin dan Selasa tidak ada jadwal pembahasan KUA-PPAS.

“Lho tetap ikut. Kan Senin dan Selasa tidak ada jadwal. Rabu den seterusnya ya kami ikut. Sampai selesai pembahasan, kami ikut,” tandasnya.

Menurut Agus, kunjungan Komisi III ke Solo dalam rangka berkonsultasi dengan daerah lain soal KUA-PPAS. “Sebenarnya munculnya KUA-PPAS itu dari mana sih. Untuk mengetahui itu, ya bertanya ke daerah lain,” jelas politisi PDIP tersebut. (gus/iwy)


Bagikan Artikel