Politik & Pemerintahan

5 Kades Baru di Kecamatan Tiris Dilantik


 TIRIS – Sejumlah lima kepala desa (kades) terpilih dari Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo telah dilantik secara virtual oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, Senin (9/8). Mereka adalah Kades Tulupari Zainul Arifin, Kades Wadusan Busri, Kades Racek Hosnadi, Kades Pesawahan Supyan, dan Kades Tlogosari M. Taufiq.

Lima kades tersebut dilantik secara bersamaan dengan 56 kades lain se-Kabupaten Probolinggo. Pelantikan dengan protokol kesehatan yang ketat itu digelar di pendopo Kecamatan Tiris. Sebelum dilantik, lima kades dan seluruh undangan yang hadir menjalani swab rapid test antigen. Yang boleh masuk arena pelantikan hanyalah undangan dan keluarga kades. Selain itu dilarang guna menghindari terjadi kerumunan di lokasi pelantikan.

Pelantikan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Probolinggo di Pendopo Kabupaten Probolinggo. Di pendopo Kecamatan Tiris, penyematan tanda pelantikan oleh Camat Tiris Teguh Prihantoro yang diwakili oleh Sekretaris Camat Yoyok Hadiyanto.

“Kami bersyukur pelantikan ini berlangsung sukses dan kondusif sesuai harapan. Sepanjang pelaksanaan juga dilakukan penerapan protokol kesehatan ekstra ketat sesuai yang telah dianjurkan oleh pemerintah,” ungkap Sekcam Yoyok Hadiyanto.

Ia berharap lima kades yang telah dilantik itu dapat melanjutkan program-program yang telah digagas oleh pemimpin sebelumnya. Mereka juga diharapkan dapat melakukan perubahan yang lebih baik untuk  masing-masing desanya selama satu periode ke depan.

Yoyok menerangkan, ada kades yang dilantik yang baru kali pertama menjabat. Sehingga tidak memiliki pengalaman dalam pemeritahan.

“Pemerintah kecamatan akan sangat terbuka untuk dijadikan tempat konsultasi. Kami juga akan memberikan pembinaan dan bimbingan dalam pengelolaan APBDes agar tepat sasaran. Dengan begitu pembangunan desa bisa berkembang lebih baik sesuai harapan,” ungkap Yoyok. (yek/adv)


Bagikan Artikel