Pertanian

Rencana Luas Tanam Tembakau 2023 Mencapai 9.549 Hektare


KRAKSAAN – Pemkab Probolinggo telah mengumumkan rencana luas area tanam tembakau tahun 2023. Hal ini diperhitungkan serius demi kemaslahatan masyarakat Kabupaten Probolinggo terutama petani.

Hal itu dinyatakan Wabup Probolinggo HA Timbul Prihanjoko. Dia mengatakan bahwa tembakau menjadi sandaran hajat hidup masyarakat Kabupaten Probolinggo, baik petani, perajang tembakau, buruh tani, pengusaha rokok, pedagang perantara/blandang maupun para pekerja gudang.

Maka dengan mempertimbangkan secara matang, dihasilkan rencana luas areal tanam tembakau. “Rencana areal tanam tembakau musim tanam tahun 2023 seluas 9.549 ha dengan asumsi rata-rata produktivitas 1,3 ton/ha sehingga diperkirakan produksi tembakau Paiton VO sebesar 12.414 ton. Dari produksi tersebut bisa terserap oleh gudang-gudang tembakau yang ada di Kabupaten Probolinggo,” ungkap Wabup Timbul, didampingi Kepala Diperta Mahbub Zunaidi.

Dijelaskannya, ladang tanam tembakau di Kabupaten Probolinggo musim tanam tahun 2023 tetap direncanakan di sembilan kecamatan potensial tembakau yakni Paiton, Pakuniran, Kotaanyar, Besuk, Kraksaan, Krejengan, Gading, Maron dan Pajarakan.

Sementara itu, berdasarkan data 2022, untuk target areal tanam Paiton VO seluas 9.040 hektare dan terealisasi 6.833 hektare. Kendala petani di tahun 2022 adalah kemarau basah dan pupuk mahal. (ra/iwy)


Bagikan Artikel