Peristiwa

Bakar Sampah, Rumah Kosong di Probolinggo Terbakar


PROBOLINGGO – Sebuah rumah kosong di JLU Jalan Anggrek, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, terbakar Rabu (7/7) siang. Atap lantai dua rumah tersebut sempat terbakar. Namun, syukur saja tidak sampai ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Api yang membakar langit-langit kamar lantai dua segera diketahui. Dua pemadam kebakaran (Damkar) Satpol PP Kota Probolinggo cepat datang ke lokasi kejadian. Belum diketahui kerugiannya. Tetapi   yang jelas, langit-langit dua kamar di lantai atas sampai jebol. Pemadaman api berlangsung hanya dalam waktu 30 menit.

Totok Sudarsono, tukang bersih-bersih di rumah tersebut mengatakan, api berasal dari pembakaran sampah yang menjalar hingga ke langit-langit. Totok bersama beberapa temannya mengetahui rumah milik almarhum H Rusdi itu terbakar setelah mencium dan melihat kepulan asap. “Kami langsung menghubungi Damkar,” tandasnya.

Totok berterus terang dirinya bersama teman-temannya yang membakar sampah. Sejak pagi hingga siang, mereka bersih-bersih rumah yang sudah lebih setahun tak berpenghuni tersebut. Pembersihan dilakukan atas perintah seorang anak almarhum H Rusdi, yakni Rudi yang seorang polisi di luar Jawa.

Totok kemudian mengajak rekan-rekannya membersihkan rumah yang berlokasi di timur tempat pembuangan akhir (TPA) sampah tersebut. Sampah yang berhasil dikumpulkan itu lalu dibakar. Saat beristirahat, mereka tiba-tiba dikejutkan asap yang memenuhi ruangan lantai dua. “Ceritanya seperti itu. Kami sudah memberitahu mas Rudi kebakaran ini,” ujar Totok.

Sedangkan Kasi Damkar Satpol PP Kota Probolinggo Abdullah mengatakan, rumah di selatan Jalan Anggrek itu terbakar akibat pembakaran sampah. Api pembakaran sampah menjalar ke atap. “Informasi yang kami terima seperti itu. Ada yang membakar sampah,” ujarnya.

Ditanya kerugian dalam kebakaran ini, Abdullah menjawab belum tahu. “Yang jelas,  langit-langit ambrol bersama eternitnya. Barang yang lain sepertinya tidak ada yang terbakar. Kan rumah kosong,” tuturnya. (gus/iwy)


Bagikan Artikel