Peristiwa

Sopir Ngantuk, Truk Boks Hantam Pohon


PROBOLINGGO – Sebuah truk boks menghantam pohon di pinggir Jalan Raya Bromo, Kota Probolinggo, Senin (28/06/21) sekitar pukul 03.40. Tidak ada korban nyawa melayang dalam kecelakaan tunggal menjelang subuh tersebut. Namun truk tersebut mengalami kerusakan cukup berat.

Pengemudi yang diketahui bernama Febri Setiawan (21) kaki kanannya patah dan luka ringan di beberapa bagian tubuh lainnya. Usai dievakasi lantaran terjepit, ia dibawa ke RSUD dr. Mohamad Saleh dengan kendaraan dinas Satlantas Polres Probolingggo Kota.

Dari pantauan Koran Pantura, evakuasi korban yang terjepit berjalan lebih dari 1 jam lebih. Satu unit truk menarik truk boks yang menghantam pohon di depan Kantor Kelurahan Triwung Lor, Kecamatan Kademangan. Sedang 1 truk lainnya berusaha membebaskan Febri dengan cara menarik kabin truk yang ringsek dari depan.

Namun usaha tersebut gagal karena beberapa kali korban menjerit kesakitan. Dua kakinya yang terjepit ikut tertarik bodi kabin. Korban berhasil dibebaskan beberapa saat setelah kendaraan derek tiba di lokasi kejadian. Bodi truk yang ringsek ditarik menggunakan katrol rantai (chain block) beberapa kali.

Petugas truk derek menghentikan tarikan saat korban menjerit. Pekerjaan seperti itu dilakukan berungkali hingga Febri terbebas dari jepitan kemudi dan bodi kabin. Korban kemudian dilarikan ke RSUD dengan kendaraan dinas Satlanntas.

Tidak ada yang tahu kronologi kejadiannya. Rahim (35), warga sekitar lokasi kecelakaan yang berprofesi ojek mengaku mengetahui ada kecelakaan setelah mendengar korban menjerit minta tolong.

“Saya kan mau pulang dari terminal. Terus ada yang minta tolong dengan melambaikan tangannya. Saya lihat ternyata ada kecelakaan,” ujarnya.

Menurutnya, truk boks bernopol L 8318 AT tersebut mengalami kecelakaan tunggal. Truk itu menghantam pohon sengon keling, pas di posisi pengemudi. Diduga sopir mengantuk sehingga kendaraan yang datang dari arah utara tersebut oleng dan menyeruduk pohon.

“Sopirnya sendirian dan terjepit,” katanya.

Iptu Ronisalah, petugas Satlantas Polres Probolinggo Kota mengatakan, pihaknya mendapat laporan kecelakaan dari warga. Selain mengamankan evakuasi korban, pihaknya juga mengatur arus lalu lintas agar tidak macet.

“Korban dibawa ke RSUD dr. Mohamad Saleh. Tidak ada yang meninggal. Penyebab kecelakaan masih diselidiki dan didalami,” ungkapnya. (gus/eem)


Bagikan Artikel