Peristiwa

Disyaratkan Bawa Dua Lansia, Vaksinasi di Kota Probolinggo Diwarnai Protes


PROBOLINGGO – Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Jati, Kota Probolinggo, Kamis (3/6) siang diwarnai protes. Ada warga protes soal ketentuan peserta vaksin yang disyaratkan  membawa 2 orang lanjut usia (lansia) yang belum divaksin.

Protes disampaikan kepada Kepala Puskesmas Jati dr. Endah Ayu Lestari. Namun,  meski sempat ada protes, proses vaksinasi kemarin tidak sampai terganggu.

Salah seorang warga mengajukan protes karena keberatan dengan syarat tersebut. Anaknya tidak jadi divaksin lantaran tidak membawa 2 orang lansia yang belum divaksin.

Mereka kesulitan mencari 2 lansia yang belum divaksin untuk divaksin bersama anaknya.  Kedua orang tua dan saudaranya yang lansia sudah divaksin. Bahkan, tetangganya juga sudah divaksin. “Terus bagaimana ini? Kan anak saya tidak bisa divaksin kalau tidak membawa 2 lansia,” katanya.

 Warga meminta agar ketentuan tersebut tidak diberlakukan secara kaku. Menurut warga,   persyaratan seperti itu memberatkan dan sulit dijalankan.

Terkait permintaan warga, dr. Endah Ayu Lestari pasrah. “Kami tidak bisa memutuskan. Itu kewenangan atasan kami (Plt kepala Dinas Kesehatan). Dan ini sudah aturan pusat,” katanya kepada wartawan kemarin.

Dalam vaksinasi kemarin, dokter Endah menyebut sasarannya ialah lansia 60 tahun ke atas dan pra lansia (usia 50-59). Selain itu vaksin juga untuk profesi guru/dosen, guru ngaji, ketua RT atau RW, PKK, pedagang pasar, tokoh agama dan kader kesehatan.

“Kalau usia 18 sampai dengan 49 tahun mau vaksin hari ini, tidak masalah. Tetapi wajib mengajak 2 orang lansia yang usianya di atas 50 tahun yang belum dvaksin. Sekaligus mereka vaksin hari ini,” terangnya.

Disebutkan, vaksinasi dimulai 3 hari yang lalu dan berakhir hari ini. Sedangkan warga yang divaksin antara 50 hingga 100 orang setiap hari. “Cukup banyak dan antusias warga yang datang untuk divaksin. Mereka rela antre. Kalau tidak divaksin hari ini karena keterbatasan waktu, ya vaksin besok,” ungkapnya.

Sementara, Plt Kepala Dinkes Kota Probolinggo dr Nurul Hasanah Hidayati membenarkan adanya kewajiban membawa 2 orang lansia jika hendak vaksin. Ketentuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tersebut diberlakukan kepada warga yang tidak masuk kriteria pra lansia, lansia, dan pelayan publik.

 “Kalau ada masyarakat umum yang tidak masuk kriteria di atas ingin vaksin hari itu,  syaratnya harus membawa lansia. Kalau masuk kriteria, ya tidak perlu atau tidak usah. Ketentuan tersebut berlaku untuk semua wilayah,” katanya. (gus/iwy)


Bagikan Artikel