Peristiwa

Bakar Sampah, Kandang Sapi Malah Terbakar


KREJENGAN – Sial nasib yang menimpa Jallid (50), warga Dusun Semar, Desa Rawan, Kecamatan Krejengan. Kandang sapi miliknya hangus dilalap si jago merah. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian itu, hanya saja kandang sapi tak lagi bisa digunakan.

Informasi yang dihimpun Koran Pantura, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Saat itu, Jallid tengah membawa dua ekor sapinya keluar kandang untuk diberi makan. Sembari itu, ia membersihkan sampah di sekitar pekarangannya dan membakar sampah kering itu di sekitar kandang sapi.

Kemudian, ia membiarkan sampah itu bersih menjadi abu oleh api. Sementara Jallid menemani dua ekor sapinya. Tak disangka api yang berasal dari sampah itu membesar. Api itu pun merayap pada dinding kandang sapi yang terbuat dari ayaman bambu.

Cuaca terik dan angin yang berhembus kencang itu membuat api semakin cepat berkobar. Dalam hitungan menit, api mulai melahap atap kandang. Warga yang berada di sekitar kejadian mulai panik dan segera mencari air untuk memadamkan kobaran api itu.

“Warga sekitar secepat mungkin mencari air dengan berbagai cara untuk memadamkan api, agar api tak sampai merambat ke rumah warga,” ungkap Zainuddin, perangkat desa setempat.

Katanya, beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Pemilik beserta dua ekor sapi sedang tak ada di lokasi saat api itu membara. Sehingga tak sampai memakan korban. Hanya saja kandang sapi hangus terbakar tinggal rangka bangunan.

“Beruntung juga tidak sampai merayap ke rumah warga. Di belakang itu ada rumah warga. Kalau tak segera dipadamkan bisa kemana-mana apinya nanti,” jelas ayah dua anak itu.

Ia mengatakan, belum bisa menaksir jumlah kerugian akibat kebakaran tersebut. Yang jelas, imbuh dia, cukup menelan biaya besar untuk memperbaiki kandang tersebut. “Karena apinya sampai ke atap. Gosong semua atap dinding dan kayu penyanggahnya,” jelasnya. (yek/awi)


Bagikan Artikel