Peristiwa

Sopir Ngantuk, Ertiga Nyebur Sungai


TEGALSIWALAN – Mengemudi dalam kondisi mengantuk, jelas sangat berisiko. Inilah yang terjadi pada Saifur Rohim, warga Jakarta Timur saat melintasi jalanan Probolinggo, kemarin (21/4). Karena memaksa mengemudi dalam kondisi mengantuk, mobil Suzuki Ertiga-nya jatuh ke dalam sungai di Desa/Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 06.00.  Mobil Suzuki Ertiga itu jatuh ke dasar sungai sedalam 7 meter di Tegalsiwalan. Syukur saja dalam kejadian tersebut tiga orang dalam mobil  hanya mengalami luka-luka. Mereka dilarikan ke Puskesmas Leces.

Berdasar informasi yang dihimpun Koran Pantura, mobil berplat nomor DA 1523 ZD itu dikemudikan oleh Saifur Rohim, warga kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Selain Rohim,  di dalam mobil itu juga terdapat dua penumpang, yakni Siti Aisah dan Ahmad Muhlis, warga kecamatan Balung, Kabupaten Jember.

Dalam kondisi mengantuk, Rohim mengemudikan kendaraannya dari arah Lumajang  sampai Probolinggo. Setibanya di lokasi kejadian, mobil itu kehilangan kendali. Mobil bewarna putih itu langsung nyelonong ke sisi kiri jalan yang bertepatan dengan pembatas jembatan sungai Curahwatu. Mobil itu pun langsung terjun bebas ke dasar sungai yang sedang mengering dalam kondisi nyaris terbalik.

Kanit Laka Polres Probolinggo I Nyoman Harayasa mengatakan, kecelakaan tersebut murni karena faktor human error. Pengendara mengemudikan mobilnya dalam kondisi mengantuk hingga kehilangan kendali.

“Kondisi jalan yang menikung dan kondisi sopir yang tengah mengantuk membuat kendaraan itu keluar jalur dan akhirnya terperosok kedasar sungai. Beruntung tidak sampai ada korban jiwa,” ujarnya, kemarin.

Dijelaskannya, korban berjumlah tiga orang. Mereka langsung dievakuasi oleh warga dan para pengendara lain menuju Puskesmas Leces. Sedangkan mobil Ertiga ditarik dari dasar sungai menggunakan kendaraan derek. “Proses evakuasinya menunggu mobil derek, karena kondisi bangkai mobilnya cukup jauh di dasar sungai,” jelasnya.

Banyaknya pengendara yang berhenti untuk melihat mobil jatuh, menyebabkan arus lalu lintas dari arah Lumajang ke Probolinggo dan sebaliknya sedikit tersendat. Satuan Lalu Lintas Polres Probolinggo menghimbau pengendara agar selalu hati-hati saat mengemudi di Jalur Selatan Kabupaten Probolinggo. (tm/iwy)


Bagikan Artikel