Peristiwa

Gempa Rusak Belasan Bangunan di Kabupaten Probolinggo


PROBOLINGGO – Dataran tinggi di Kabupaten Probolinggo terdampak gempa yang berpusat di perairan Kabupaten Malang, Sabtu (10/4) siang lalu. Berdasarkan data BPBD Kabupaten Probolinggo hingga Minggu (11/4) sore, terdapat sejumlah rumah dan tempat ibadah yang mengalami kerusakan. Semuanya berlokasi di tiga kecamatan dataran tinggi, yaitu Sumber, Tiris, dan Krucil.

Di Kecamatan Sumber dilaporkan terdiri dari 7 rumah rusak ringan, satu rumah rusak berat dan 1 tempat ibadah rusak sedang di desa Gemito. Lalu di Desa Tukul dilaporkan satu rumah rusak berat. Sedangkan di Desa Pandansari satu gudang sayuran rusak ringan. Di Desa Sumberanom satu rumah rusak ringan dan satu tempat ibadah rusak ringan. Di Desa Cepoko dua rumah rusak ringan.

Kemudian di Kecamatan Tiris, dampak guncangan gempa dilaporkan merusak rumah milik warga Desa Andung Biru. Sedangkan di Desa Pesawahan, 1 tempat ibadah mengalami rusak ringan. Lalu di Kecamatan Krucil, dampak gempa membuat kerusakan ringan di 1 rumah milik warga di Desa Bremi.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo Sugeng Suprisayoga menyatakan, sebagai tindak lanjut penanganan pasca bencana, pihaknya merencanakan aktivasi Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana. Selain itu juga penyiapan logistik dan sarpras sebagai upaya penanganan darurat warga terdampak.

“BPBD telah berkoordinasi, dengan forkopimka masing-masing menyikapi dampak gempa. Kami juga tetap menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik,” ujar Sugeng, Minggu (11/4).

Meski sejumlah rumah dilaporkan mengalami kerusakan akibat gempa, namun Sugeng mengatakan, tak sampai menimbulkan korban luka maupun jiwa. Hanya, akibat kerusakan bangunan tersebut, pemilik rumah harus menanggung kerugian material.

“Proses assesment masih terus kami lakukan, agar nantinya penyaluran bantuan bisa tepat sasaran,” katanya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel