Peristiwa

Rumah Tersambar Petir, Dua Orang Terluka, Perabotan Rumah Hancur


KREJENGAN – Hujan lebat disertai petir yang melanda Desa Sumberkatimoho Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, Selasa (23/3) malam, menyisakan petaka. Gara-gara antena TV tidak dicopot saat hujan deras, rumah seorang warga setempat tersambar petir. Akibatnya dua orang terluka dan sejumlah parabotan rumah hancur.

Berdasar informasi yang dihimpun, rumah tersebut milik Saturi (60), warga Dusun Krajan, RT 3 – RW 1, Desa Sumberkatimoho. Pada Selasa malam itu sekitar pukul 23.00, turun hujan lebat disertai sambaran petir.  Saat itu, Danil (20), anak Saturi, tengah tidur di sofa dekat TV. Namun, kabel antena TV tidak sempat dicopot.

Tiba-tiba sambaran petir mengenai antena TV yang tingginya hanya beberapa meter di atas atap rumah. Sambaran petir itu sampai menggetarkan seisi rumah, hingga sejumlah parabotan dalam rumah itu hancur. Terutama kaca rumah dan lemari yang hancur menjadi puing-puing.

Bahkan kondisi TV di ruang tengah hancur tak berbentuk. Pecahan kaca TV itu juga mengenai Danil yang tidur di depan TV. Beberapa bagian tubuhnya mengalami luka-luka. Keadaan serupa juga dialami Saturi.

“Hampir semua parabotan rusak dan hancur. Semua barang yang ada kacanya, hancur semua. Kaca jendela maupun pintu rusak. Bahkan pintu dan tembok banyak retak akibat sambaran petir yang dahsyat itu,” kata Bendahara Desa Sumberkatimoho Zainul, Rabu (24/3).

Ia menjelaskan, hujan pada malam itu memang luar biasa deras yang disertai dengan petir. Beruntung saja tidak sampai makan korban jiwa. Hanya perabotan rumah yang banyak rusak. “Pemilik rumah dan anaknya mengalami luka-luka,” ungkap Zainul.

Sementara itu, Kapolsek Krejengan Iptu Yuliana menyampaikan, beberapa perabotan rumah rusak akibat sambaran petir.  “Jadi perabotan yang rusak sudah tidak bisa diperbaiki kecuali jendela, pintu dan atap. Saat kejadian berlangsung pemiliknya ada di dalam rumah semuanya,” ungkap Kapolsek.

Dalam kejadian itu, sambung Kapolsek, ada 2 korban terkena pecahan kaca, yaitu Saturi dan Danil. “Tapi hanya luka lecet saja di bagian pipinya karena kena pecahan kaca,” tutur Iptu Yuliana saat dikonfirmasi kemarin. (yek/iwy)


Bagikan Artikel