Peristiwa

Gudang PTKL Terbakar Hebat


LECES – Diduga karena korsleting listrik, gudang penyimpanan barang bekas eks PT Kertas Leces (PTKL) terbakar hebat pada Minggu (14/2) pagi. Seluruh tumpukan kertas dokumen, mesin genset, dan 1 unit sepeda motor milik perusahaan yang telah dinyatakan pailit itu ludes terbakar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koran Pantura, peristiwa kebakaran di bangunan berlantai dua itu pertama diketahui oleh Arif Wanto, salah seorang petugas keamanan di pabrik itu. Arif menyebut sekitar pukul 04.30, ia melihat adanya kepulan asap muncul dari dalam ruangan gudang tersebut.

Sontak Arif langsung berteriak dan memanggil rekan-rekannya yang berada di pos keamanan. Kemudian dibantu oleh rekan-rekannya itu, Arif berusaha memadamkan kobaran api yang mulai muncul dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang tersedia. Namun karena seisi gudang yang banyak berisikan kertas dan genset, sehingga kobaran api menjadi sulit untuk dikendalikan.

Alhasil, kobaran api merembet ke bangunan di sebelahnya yang merupakan ruang akuntansi dan ruang keuangan. Bahkan api terus merembet dan juga melalap pos keamanan yang berada tepat di samping gudang penyimpanan tersebut.

“Apinya terus membesar dan akhirnya saya telpon pemadam kebakaran agar kobaran apinya itu bisa segera dipadamkan,” ujar Arif, kemarin.

Selang setengah jam kemudian, 1 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari Dinas Satpol PP Kabupaten Probolinggo tiba di lokasi kebakaran. Sebanyak 5 personel pemadam kebakaran langsung turun tangan memadamkan kobaran api. Sekitar 1 jam kemudian kobaran api berhasil dikendalikan dan tak sampai merembet ke bangunan lain yang berada di sekitarnya.

“Proses pemadamannya tidak berlangsung lama karena memang yang terbakar adalah kebanyakan tumpukan kertas. Namun tak banyak yang bisa diselamatkan karena saat tim pemadam tiba kondisi kebakaran sudah lumayan parah. Sehingga mesin genset dan sepeda motornya tak bisa diselamatkan,” ungkap Humas Damkar Kabupaten Probolinggo Solehuddin.

Sementara, polisi yang tiba di lokasi langsung mengamankan area dengan memasang garis polisi. Hal ini dilakukan demi untuk mengamankan TKP agar proses olah TKP bisa dilakukan guna menguak penyebab kebakaran tersebut.

“Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Dugaan sementara, kebakaran ini dipicu korsleting listrik,” kata Kapolsek Leces AKP Akhmad Gandi di lokasi kejadian. (tm/iwy)


Bagikan Artikel