Peristiwa

Truk Nyungsep di Jalan Anggrek


PROBOLINGGO – Sebuah truk diesel bermuatan bibit kelapa, nyungsep di Jl Anggrek, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo, Minggu (31/1) sekitar pukul 00.30. Truk bernopol H 1496 TE itu menghantam pembatas jalan dan pagar rumah Hamid (62) seorang warga setempat.

Truk yang disopiri Gunawan (50), warga Kabupaten Singaraja, Bali, itu ringsek di bagian kabin sisi kanan. Sedangkan Hamid, pemilik rumah di RT 1 – RW 9 Kelurahan Sukabumi, mengaku belum menghitung kerugian kerusakan pagar rumahnya yang disasak truk.

Pada saat kejadian, Hamid sedang tidak di rumah. Ia tengah bekerja. “Di dalam rumah tidak ada orang. Mendengar truk nabrak rumah, saya langsung pulang,” katanya.

Meski sempat kaget, Hamid bersyukur tidak sampai ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Ia tidak bisa membayangkan bila orang yang biasa mancing di sungai timur rumahnya tidak libur. “Biasanya setiap hari ada lima orang mancing di sungai ini. Untungnya saat kejadian mereka tidak mancing,” tambahnya.

Sementara itu, Gunawan pengemudi truk, mengaku truknya selip ke utara jalan hingga keluar dari jalan beton dan nyaris menghantam rumah. Peristiwa ini terjadi karena ia menghindari sebuah pikap.

Truk yang disopiri Gunawan melaju dari arah timur. Di lokasi kejadian, Gunawan bermaksud mendahului kendaraan di depannya. Tahu ada kendaraan bak terbuka dari arah berlawanan, Gunawan banting setir ke kiri demi menghindari tabrakan.

Upayanya berhasil, namun truknya malah oleng, hilang kendali. Truk itu menghantam batas jembatan dan pagar sebelum masuk ke rumah Hamid. “Yang penting selamat,” kata Gunawan.

Ia berterus terang, kendaraannya hilang kendali keseimbangan, karena melaju dengan kecepatan agak tinggi.

Ditambahkan, truk yang dibeli dengan hasil keringatnya sendiri itu berangkat dari Bali hendak mengantar bibit kelapa ke Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. “Mau ke Sukabumi dari Bali. Sebelumnya kami membenahi ban roda di Dringu,” katanya. (gus/iwy)


Bagikan Artikel