Peristiwa

Buat Perapian, Toko Sembako Terbakar


SUKAPURA – Sebuah warung sembako dan pupuk di Dusun Cemorolawang Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo, ludes terbakar pada Minggu (17/1) pagi. Penyebabnya, api dari perapian yang biasa untuk menghangatkan badan, merembet ke bangunan semi permanen tesebut.

Warung itu milik Suliyan, warga Cemorolawang yang biasa menjual sembako dan pupuk serta obat pertanian. Namun kemarin, tokonya ludes dilalap si jago merah dengan kerugian Rp 50 juta.

Mulanya, pemilik warung membuat perapian untuk menghangatkan tubuh. Namun, diduga karena terlalu dekat dengan dinding yang terbuat dari papan kayu, api jadi merembet. Warga melakukan pemadaman dengan alat seadanya. Namun sayang, upaya warga tidak membuahkan hasil. Api melulu-lantakkan bangunan semi permanen tersebut.

“Karena kejadiannya spontan dengan api yang membakar dinding kayu yang sebagian lapuk. Api langsung membesar,” jelas Kanit Reskrim Polsek Sukapura, Bripka Indra Sena.

Masyarakat bersama anggota Polsek Sukapura yang ada di lokasi kebakaran berusaha sekuat tenaga untuk memadamkan api. Namun api membara bercampur puing dinding kayu yang lapuk. “Masyarakat dan anggota Polsek dengan peralatan seadanya tidak mampu untuk memadamkan api,” tambah Bripka Indra.

Di sisi lain, kejadian itu menarik perhatian masyarakat dan pengguna jalan. Warga berjubel di TKP. Sebagian arus lalu lintas tersendat karena banyaknya warga yang ingin melihat kejadian tersebut.

Kapolsek Sukapura AKP Sugeng Hariono meminta masyarakat lebih waspada. “Ya meskipun kondisinya musim hujan, tapi kami minta agar hal seperti ini tidak terjadi kembali dan harus lebih waspada,” harapnya.

Hanya, informasi di lapangan menyatakan, kios itu tidak hanya menjual sembako dan obat pertanian, melainkan juga menjual BBM eceran. “Ngisi ulang bensin ke botol. Entah ada percikan api dari mana, api itu langsung menjalar,” kata salah seorang warga di TKP kemarin.

Karena kejadian itu, istri Suliyan kemarin syok hingga tak sadarkan diri. (rul/iwy)


Bagikan Artikel