Peristiwa

Mabuk, Curi Truk, Terperosok ke Selokan


LECES – Polsek Leces Kabupaten Probolinggo berhasil menangkap pelaku pencurian truk jungkit atau dump truck asal Kabupaten Lumajang, Senin (26/10).

Pelaku gagal membawa kendaraan dengan nopol L9516 UV itu karena terperosok ke selokan di jalan raya Leces, tepatnya di Desa Jorongan.

Pelaku bernama Abdul Latif alias Mocin (18) asal Dusun Siluman, Desa Bades, Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang.

Informasi yang berhasil dihimpun Koran Pantura, sebelum melakukan aksi pencurian, pelaku bersama dengan teman-temannya berjumlah 8 orang sedang minum minuman keras jenis arak di taman umum pasirian.

Ketika dalam pengaruh minuman keras, salah satu pelaku memiliki ide untuk mencuri truk. Pada pukul 14.00, semuanya bergeser ke daerah tempeh lumajang untuk mengantarkan Abdul Latif sekaligus mencari sasaran.

Pelaku diturunkan untuk menunggu trukk lewat yang hendak ditumpanginya. Sekitar pukul 15.00, pelaku memberhentikan laju satu kendaraan dump truck yang disopiri M Nurullah (38), asal Desa Ngepoh, Kecamatan Dringu untuk menumpang dalam perjalanan sebagai modus.

Selama dalam perjalanan, sopir menanyakan tentang asal usul pelaku tetapi dijawab dengan tidak jelas oleh pelaku.

Ketika korban dan pelaku sedang dalam perjalanan, para pelaku yang lain membuntuti dari belakang menggunakan sepeda motor.

Sopir sempat meminta kepada pelaku untuk tidak membawa senjata tajam miliknya, sehingga pelaku menitipkan di sebuah warung makan di sekitar lokasi pengepul pasir.

Selama dalam perjalanan, sopir sudah mencurigai gelagat pelaku yang tidak wajar. Ketika sampai di jorongan, sopir menghentikan truk di sebuah warung dan beralasan kepada pelaku untuk istrahat sejenak sambil minum kopi.

Pelaku tetap berada di atas truk sedangkan sopir berada di warung sambil mengawasi gerak gerik pelaku dan trucnya.

Beberapa saat kemudian, ada satu pelaku lain masuk ke dalam kabin truk lalu akhirnya pelaku Abdul Latif yang mengendarai truk dengan cara dimundurkan, dimajukan lalu dimundurkan lagi untuk haluan keluar dari lokasi parkir sampai akhirnya terperosok ke selokan sehingga tidak dapat bergerak.

Nurullah yang melihat truknya bergerak lalu terperosok, menyadari jika truknya hendak dibawa kabur pelaku.

“Saat itu, kunci kontak sengaja ditinggal oleh sopir melekat di lubang kunci,” jelas Kanitreskrim Polsek Leces Bripka Eko Aprianto.

Melihat hal itu, sopir mengejar ke arah truk dengan dibantu sopir trukk lain dan pemilik warung.

“Pelaku sempat melarikan diri dan bersembunyi di kabin truk lainnya namun berhasil diamankan, sedangkan pelaku lain berhasil melarikan diri,” katanya.

Atas kejadian itu, pelaku langsung diamankan di Mapolsek Leces untuk penyidikan lebih lanjut. (rul/awi)


Bagikan Artikel