Kategori: Peristiwa

Langgar Disiplin Berat, Kepala DPM-PTSP Jadi Staf Kecamatan

PROBOLINGGO – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPST Naker) Kota Probolinggo Dwi Hermanto bernasib sama dengan Tutang Heru Aribowo. Dwi dicopot dari jabatannya, lalu diturunkan menjadi staf bagian Analisis Trantib di Kecamatan Kademangan.

Posisi baru Dwi sama persis dengan Tutang. Sebelumnya, Tutang diturunkan jabatan dari Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum menjadi staf bagian Analisis Trantib (Ketenteraman dan Ketertiban) Kecamatan Kedopok. Kini Dwi diturunkan ke jabatan yang sama persis dengan Tutang, hanya beda kecamatan.

Saat dikonfirmasi Selasa (29/9) Dwi Hermanto enggan berkomentar. Ia berjanji bersedia diwawancarai usai menghadap Camat Kademangan Pudjo Agung Satrio. Dwi beralasan saat itu dirinya masih sibuk, sehingga belum sempat menghadap Camat Kademangan.

“Saya masih wira-wiri. Besok saja, soalnya saya masih mau menghadap Pak Camat. Setelah saya menghadap Pak Camat, saya hubungi sampeyan ya,” jawab Dwi secara tertulis melalui pesan WA.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) Kota Probolinggo Gogol Sudjarwo membenarkan kalau Dwi Hermanto dipindahtugaskan ke Kecamatan Kademangan dengan jabatan sebagai staf Analisis Trantib. “Sebagai staf di Kecamatan Kademangan. Kalau tidak salah, Analis Trantib,” ujar Gogol saat dihubungi via telepon seluler, kemarin.

Menurutnya, surat kepindahan mantan kepala Bagian Umum tersebut diterima Gogol pada Senin (28/9). Gogol mengaku tidak tahu pasti pelanggaran yang dilakukan Dwi, sehingga dicopot dan diturunkan jabatannya.

Artikel Terkait

Ya diketahui Gogol hanya bahwa Dwi ditugaskan menjadi staf karena melanggar disiplin berat. “Rekomendasi tim pemeriksa, yang bersangkutan melanggar disiplin ASN kategori berat,” katanya.

Jika pingin jelas dan mengetahui alasannya, Gogol menyarankan konfirmasi ke inspektorat. Sebab, inspektorat lah yang memeriksa Dwi. Sedangkan saat ditanya pengganti Dwi di jabatan kepala DPM-PSTP Naker, Gogol menyebut nama Sudiman. Sudiman akan menjabat dengan status pelaksana tugas (Plt). “Saat ini masih tetap Pak Sudiman yang menjadi pelaksana tugas (Plt) pengganti Pak Dwi,” imbuhnya.

Sementara, Camat Kademangan Pudjo Agung Satrio menyatakan belum sempat bertemu Dwi Hermanto. “Ya, benar staf kecamatan. Tapi kami belum ketemu. Katanya sih masih di luar kota. Mungkin besok ketemu dengan saya,” ujar Pudjo.

Seperti diketahui, pada Kamis (27/8) lalu Tutang Heru Aribowo yang dicopot dari jabatan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum. Sesuai SK Wali Kota Probolinggo Nomor 821.2/382/425.203/2020 tertanggal 26 Agustus 2020, Tutang kemudian diturunkan jabatan menjadi staf di Kecamatan Kedopok.

Tutang yang mantan kepala DLH dan Disbudpar itu dinilai telah melanggar disiplin ASN kategori berat. Sehingga ia dicopot dari staf ahli, berdasarkan surat keputusan (SK) Wali Kota nomor X.862/2/56/425.203/2020 tertanggal 24 Agustus 2020. (gus/iwy)

Artikel Terbaru

Pilkades Serentak 62 Desa, Siapkan Anggaran Rp 1,5 Miliar

KRAKSAAN – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Probolinggo tahun 2021 mendatang dipastikan hanya…

21 Oktober 2020

Waduh, Ada Sampah Medis di Stadion Bayuangga

PROBOLINGGO - Warga di sekitar Stadion Bayuangga Kota Probolinggo mengeluhkan adanya tumpukan sampah yang berserakan…

21 Oktober 2020

Satpol Kota Probolinggo Bongkar Tempat Judi

PROBOLINGGO - Satpol PP Kota Probolinggo bergerak memberantas perjudian. Selasa (20/10) sore, Satpol PP membongkar…

20 Oktober 2020

TNBTS Ingatkan Soal Gempa Freatik

SUKAPURA - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) mengingatkan wisatawan tentang bahaya letusan…

20 Oktober 2020

Kumpulkan Minyak Jelantah, Cegah Warga Konsumsi Minyak Curah

PROBOLINGGO-Yayasan Komunitas Kritis Indonesia (YKKI) Cabang Kota Probolinggo punya gawe yang patut diapresiasi. Mereka mengumpulkan…

20 Oktober 2020

Bafa Al Faiz Jawara Musik Islami

PROBOLINGGO - Kelompok Musik Bafa Al Faiz keluar sebagai juara pertama dalam Lomba Akustik Musik…

19 Oktober 2020