Peristiwa

Cerobong Tersumbat, Gudang Kayu Terbakar


GENDING – Salah satu pabrik kayu di Desa Bulang Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, dilalap si jago merah, pada Kamis (24/9). Disinyalir ke kebakaran itu bersumber dari cerobong asap yang tersumbat serpihan kayu.

Dari informasi yang dihimpun Koran Pantura, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 09.50 WIB. Saat itu, karyawan yang tengah bekerja, tiba-tiba dikagetkan dengan suara ledakan. Suara keras itu bersumber dari cerobong asap pabrik kayu. Tak lama api pun mulai merajalela.

Karyawan yang berada di dalam bangunan itu langsung berhamburan keluar menjauh. Beberapa diantaranya ada yang mencari air, dan menghubungi pihak pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Probolinggo.

“Kami dapat kabar itu dari telepon call center 112. Namun khawatir hoax, kami langsung hubungi pihak kades setempat. Ternyata benar, dan kami utus mobil damkar Dringu,” ungkap Kasi Damkar pada Dinas Satpol PP Kabupaten Probolinggo, Suud.

Sekitar 15 menit kemudian, mobil damkar sudah sampai di lokasi kejadian. Saat itu api masih merajalela. Dengan dibantu satu unit mobil damkar dan selang air pabrik, kurang lebih sejam api bisa ditaklukkan. “Sekitar sejam api sudah bisa dikondisikan,” tuturnya.

Ia menduga, api tersebut muncul dari cerobong asap yang tersumbat. Sempat ada ledakan di sekitar cerobong itu. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. “Tersumbatnya karena serbuk kayu itu tadi. Karena suhunya panas akhirnya terbakar dan meledak,” ungkap Suud. (yek/iwy)


Bagikan Artikel