Peristiwa

Bukit Bentar Kembali Terbakar


GENDING – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di bukit Bentar, Desa Curahsawo, Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo, Kamis (2/7) siang. Kebakaran tersebut menyebabkan lahan seluas 2 hektar ludes terbakar. Beruntung dalam peristiwa kebakaran tersebut tak sampai menimbulkan jatuhnya korban jiwa dan cepat tertangani.

Kasi Penanggulangan Kebakaran Damkar Kabupaten Probolinggo Su’ud mengungkapkan, peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 11.30. Selang 20 menit kemudian, pihaknya tiba dengan menggunakan 1 unit mobil pemadam kebakaran.

Namun karena lokasi kebakaran berada di atas bukit dan tak ada akses kendaraan menuju ke titik api terdekat, akhirnya petugas Damkar dibantu sejumlah petugas dari unsur Kepolisian, TNI, BPBD dan warga. Mereka bahu-membahu berupaya memadamkan api dengan alat sederhana seperti dahan pepohonan di sekitar lokasi.

“Titik apinya tak bisa dijangkau oleh kendaraan damkar. Akhirnya kami berupaya memadamkan kobaran api tersebut memakai dahan pepohonan. Tujuannya agar kobaran api tidak sampai meluas,” ungkapnya, Kamis (2/7).

Sementara itu, Kapolsek Gending AKP Ohim mengatakan, bahwa besar kemungkinan jika kebakaran tersebut disengaja. Pasalnya kebakaran serupa kerap terjadi di tahun-tahun sebelumnya dan berada di lokasi yang sama. “Kemungkinan ini sengaja ada yang bakar,” katanya.

Namun saat ditanya apakah kira-kira motifnya, AKP Ohim enggan mengatakan secara gamblang apa kira-kira motif pelaku membakar lahan di Bukit Bentar yang pengelolaannya di pegang bersama antara TNI AL dan Perhutani tersebut.

“Kalau soal motif itu harus pasti, tidak bisa dikira-kira. Tunggu sampai ada tersangka yang kita tangkap tangan membakar lahan ini. Baru kita bicara motifnya,” tandasnya. (tm/awi)


Bagikan Artikel