Peristiwa

KA vs Motor, 1 Pemotor Kritis

PROBOLINGGO – Kecelakaan yang melibatkan Kereta Api (KA) dengan sepeda motor terjadi  di perlintasan KA tanpa palang pintu di Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Senin (29/6) pukul 11.30. Dalam kecelakaan ini, pengendara sepeda motor terluka berat.

Joko Pratama (20), si pengendara sepeda motor, dilarikan ke RSUD dr Moh. Saleh, Kota Probolinggo. Pemuda asal Desa Brumbungan Kidul, Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo itu kondisinya kritis. Sedangkan sepeda motor matik Vario merah bernopol  N 6847 MH yang dikendarainya rusak parah. Motor itu diamankan di kantor Sarpras Satlantas Polres Probolinggo Kota.

Berdasar Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, mulanya Joko Pratama melaju dengan motornya dari timur di jalan raya Banjarsari. Sampai di TKP, Joko belok ke utara, hendak ke tambak.  

Pada saat Joko melintasi rel KA tanpa palang pintu, dari arah timur meluncur KA Sri Tanjung. Benturan hebat tidak dapat dielakkan. KA jurusan Banyuwangi-Jogjakarta tersebut menghantam sepeda motor yang dikendarai Joko. Alhasil, pengendara berikut sepeda motornya terpental beberapa meter. 

Pipit Endangwati (53), seorang warga yang melihat kejadian tersebut mengaku sudah sempat berteriak mengingatkan korban. “Saya teriak memberitahukan ada kereta api. Mungkin enggak dengar, sehingga korban tetap melintas,” ujarnya.

Akibatnya, korban bersama sepeda motor yang dikendarainya terpental beberapa meter dan jatuh di sisi utara rel. “Korban kritis tak sadarkan diri. Sepeda motornya dihantam KA bagian belakang. Kalau pas dihantam di tengah, enggak tahu lagi. Mungkin meninggal,” kata Pipit. 

Endang dan beberapa warga setempat menyatakan, di perlintasan tersebut sering terjadi kecelakaan. Selain karena early warning system tidak berfungsi, ada warung pinggir jalan yang membuat pengendara tidak bisa melihat ada KA melintas atau tidak. 

Sementara, Kasatlantas Polres Probolinggo Kota AKP Tavip Hariyanto membenarkan terjadinya kecelakaan tersebut.  Menurutnya, korban kritis dan langsung dilarikan ke RSUD. “Korban luka-luka dan kritis. Dirawat di RSUD dr Mohammad Saleh Kota Probolinggo,” katanya. (gus/iwy)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan