Peristiwa

Hamil, Lihat Gerhana Lewat Media Air


PROBOLINGGO – Terjadi gerhana matahari cincin total, Minggu (21/6) sore. Namun, fenomena alam ini tidak terlalu menyita perhatian masyarakat. Hanya segelintir orang yang tampak memperhatikan fenomena alam istimewa ini.

Salah satunya adalah Anggraini Indah Damayanti (22), warga Jalan Suroyo, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Perempuan yang tengah hamil 8 bulan tersebut melihat gerhana matahari bersama dua saudaranya, di samping selatan Museum Probolinggo.

Mereka melihat gerhana menggunakan media air yang ditaruh di wadah ember plastik. Itu agar sinar matahari tidak langsung menyorot mata. Itupun dengan jarak sekitar 5 meter, agar matahari yang sudah condong ke barat, dapat terlihat.

Sesekali mereka menghadap langsung ke matahari. Tetapi mereka merasakan silau hingga harus melindungi matanya dengan telapak tangan. “Pingin tahu saja. Soalnya sampai besar, saya tidak pernah melihat gerhana matahari,” ujar Indah.

Selain menutup wajahnya dengan telapak tangan, mereka juga harus menunduk. Seusai melihat, Anggraini melihat kilauan sinar yang mengelilingi matahari. “Di pinggir matahari, saya lihat ada garis hitam agak kebiruan yang mengelilingi matahari,” katanya.

Di luar garis, ia melihat kilauan sinar berwarna jingga dan oranye yang indah. Saat ditanya tentang mitos orang dahulu, Anggraeni menyatakan tidak percaya. Sehingga, dirinya tidak takut dan tetap berada di luar rumah. “Enggak, enggak takut. Karena saya tidak percaya. Saya hanya percaya Tuhan,” jelasnya.

Di zaman dulu, perempuan hamil harus berada di dalam rumah jika ada gerhana matahari. Bahkan harus sembunyi di kolong tempat tidur. Sebab, mitosnya, bayi yang dikandung bisa hilang.

Meski tidak yakin akan mitos itu, Indah Anggraeni berharap bayi yang berusia 8 bulan di dalam perutnya kelak lahir selamat. Apalagi jabang bayi yang dikandungnya itu merupakan anak pertama. “Kita tetap berdoa, supaya bayi saya di dalam perut hingga lahir selamat,” harapnya. (gus/iwy)


Bagikan Artikel