Peristiwa

Melesat, Tambahan 31 Pasien Positif Covid


KRAKSAAN – Jumlah pasien positif di Kabupaten Probolinggo melonjak tajam, yakin ada tambahan 31 pasien Positif baru. Mereka dinyatakan positif setelah hasil swab mereka keluar hari ini, (21/5). Dengan adanya tambahan ini, positif Covid-19 berjumlah total 75 orang. Dengan rincian tambahan 31 orang baru, yang sudah dinyatakan sembuh 15 orang dan 1 orang meninggal.

Tambahan 31 orang baru ini masih ada kaitannya dengan kluster sebelumnya, yakni kluster Temboro 10 orang, kluster pelangi atau kluster pemudik yang dikarantina desa 11 orang, dan terkahir dari kluster Sukolilo yang sudah generasi keempat dan kelima. Di kluster Sukolilo ini masih didominasi tenaga kesehatan yang bertugas di RSUD Waluyo jati Kraksaan.

Jubir penanganan Covid-19, dr Anang mengatakan sampai saat ini pasien baru ini kondisinya sehat. “Dan sudah ada di rumah pengawasan untuk dirawat dan dijaga petugas medis,” katanya.

Ia pun mengatakan mereka yang dinyatakan  positif hari ini sesuai dengan hasil swab yang keluar. “Swab dua kali hasilnya positif, makanya kita pindahkan mereka ke rumah pengawasan,” katanya.

Dari hasil tracking yang dilakukan, tambahan positif ini masih ada kaitannya dengan kluster sebelumnya, yakni Sukolilo, temboro dan kluster pelangi atau pemudik yang dikarantina di tingkat desa. “Yang Sukolilo sudah generasi keempat dan kelima, mereka tenaga kesehatan dari RSUD Waluyojati, satu nakes yang masih belum pasti apakah tertular di rumah sakit atau dari luar,” katanya.

Dengan catatan lonjakan ini,  jika kemarin di kisaran 10 daerah terbanyak temuan, maka Kabupaten Probolinggo kini menempati daftar 4 teratas di Jawa Timur.

Sementara di atas Kabupaten Probolinggo ada Kabupaten Gresik dengan 99 positif, 196 PDP dan ODP 1163. Kemudian Kabupaten Sidoarjo dengan 386 positif, PDP 340, dan ODP 987. Selanjutnya Kota Surabaya yang berada dalam daftar paling atas di Jawa Timur dengan catatan 1.255 positif, 2.226 PDP, dan ODP 3.295.Jumlah pasien positif Kabupaten Probolinggo  melampaui Kabupaten Lamongan dengan 70 positif, 169 PDP, dan 451 ODP.

Lalu Kabupaten Magetan dengan 63 positif, 62 PDP, dan 296 ODP. Kemudian Kabupaten Kediri dengan 57 positif, 158 PDP, dan 748 ODP dilampaui Kabupaten Probolinggo. Malah Kabupaten Pasuruan dengan 57 positif, 130 PDP, dan 272 ODP.  Juga Kabupaten Malang dengan 56 positif, 259 PDP, dan 444 ODP.

Bahkan di wilayah Tapal Kuda, Kabupaten Probolinggo menjadi paling atas dalam deretan daftar kasus Covid-19. Sebab, tetangganya memiliki data di kisaran 30-an. Terdekat ada Kabupaten Lumajang yang mempunyai 33 pasien positif Covid-19. Kabupaten Jember dengan 25 positif, Kabupaten Situbondo sebanyak 12 orang, Kota Probolinggo dengan 14 orang.

Kabupaten Bondowoso dengan 9 orang terinfeksi virus corona. dan Kabupaten Banyuwangi dengan 5 orang saja. (rul/ra)


Bagikan Artikel