Peristiwa

Balita 1,5 Tahun asal Probolinggo Sembuh dari Corona


KRAKSAAN – Balita asal Desa Tamansari, Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo dinyatakan sembuh dari Covid-19. Hal ini  didasarkan hasil dua kali tes swab yang menyatakan negatif.

Karena dinyatakan sudah sembuh, balita asal Tamansari ini langsung diserahkan kembali kepada keluarganya oleh pihak RSUD Tongas. Tidak hanya itu, pemulangan pasien balita ini juga dimeriahkan dengan pemberian hadiah dari petugas medis.

Juru bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto membenarkan bahwa balita usia 1,5 tahun dari Tamansari itu sudah sembuh. “Memang betul ada pasien sembuh, yakni balita usia 1,5 tahun,” katanya Minggu (10/5).

Dokter Anang menambahkan, balita ini dilakukan swab dua kali, dan hasilnya semuanya negatif. “Yang pertama swab positif. Yang kedua dan ketiga ternyata negatif dan dinyatakan sembuh,” terangnya.

Sebelumnya, balita ini dinyatakan positif Minggu 26 April lalu. Padahal, balita ini tidak melakukan perjalanan kemanapun. Ini juga yang didalami Satgas penanganan dan pencegahan Covid-19 Kabupaten Probolinggo.

Menurut dokter Anang, orang tua dari balita pasien positif Covid-19 ini hanya seorang pedagang kecil. Tepatnya adalah pedagang bakso yang berdagang menggunakan rombong. Sehingga, kontaknya tidak banyak.

“Anaknya sakit sesak dan masuk ke RSU Wonolangan. Selanjutnya dari RSU Wonolangan dirujuk ke RSUD Tongas dan swab ternyata hasilnya positif. Memang ini yang masih akan kita perdalam,” jelasnya.

Anang menerangkan pasien positif Covid-19 ini sejauh ini tidak ada hubungannya dengan pasien positif Covid-19 sebelumnya. “Untuk sementara ini kita masih belum menemukan keterkaitannya dengan pasien positif Covid-19 sebelumnya. Dia juga tidak masuk dalam klaster sebelumnya, sehingga masuk dalam klaster lepas,” terangnya. (rul/iwy)


Bagikan Artikel