Peristiwa

Balita 1,5 Tahun asal Dringu Tunjukkan Tanda Sembuh dari Covid-19


KRAKSAAN – Balita usia 17 bulan asal Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo, menunjukkan tanda-tanda kesembuhan dari Covid-19. Hasil swab kedua, balita tersebut dinyatakan negatif. Sedangkan hingga kini masih dalam pengawasan sampai hasil swab ketiga muncul.

Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto menyampaikan, balita itu sudah dilakukan swab sebanyak dua kali. Swab pertama dinyatakan positif . Kemudian, swab kedua dinyatakan negatif.

 “Balita asal desa Tamansari Kecamatan Dringu, ada tanda-tanda kesembuhan. Kondisinya saat ini membaik dan sehat. Hasil swab kedua negatif,” jelasnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (4/5).

Kata dokter Anang, pihaknya tidak langsung menyatakan sembuh total pada balita tersebut. Akan tetapi, balita tersebut masih melakukan swab lagi. Hasilnya hingga kini masih belum muncul. Swab ketiga itu, menurutnya merupakan keputusan dari penyakit yang mendera balita tersebut.

Jika, hasil swab ketiga itu turun dan dinyatakan negatif, maka pihaknya akan mempulangkan balita tersebut pada keluarganya. “Nah, hasil swab ketiga ini masih belum tahu kapan turunnya. Semoga secepatnya dan kami berharap negatif hasilnya,” papar dokter Anang yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo. 

Hingga saat ini ini, kedua orang tua balita tersebut negatif Covid-19. Namun, kakeknya yang berusia 60 tahun, positif Covid-19. Lebih jauh, masih kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, tanda-tanda sembuhnya balita itu membuat satgas makin intens mengawasinya. Sebab, balita itu masuk klaster lepas. “Nah, kami masih belum tahu dari mana interaksinya dan letak penularannya ini. Kami sudah melakukan tracking,” jelasnya.  (yek/iwy)


Bagikan Artikel