Peristiwa

Balita 1,5 Tahun di Probolinggo Positif Covid-19


KRAKSAAN – Balita asal Desa Tamansari Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo dinyatakan positif Covid-19. Padahal, balita 1,5 tahun ini tidak memiliki melakukan perjalanan ke manapun.  

Berdasar data yang dihimpun Koran Pantura, hingga Minggu (26/4) malam, warga Kabupaten Probolinggo yang dinyatakan positif Corona Virus Disease (Covid-19) bertambah 1   orang lagi. Dengan demikian jumlah total kasus positif corona di Kabupaten Probolinggo sudah mencapai 17 orang.

“Satu orang tambahan pasien positif Covid-19 ini berusia 1,5 tahun, yang berasal dari Desa Tamansari, Kecamatan Dringu. Untuk riwayat dan kondisinya ini masih kita perdalam. Sejauh yang kita peroleh, yang bersangkutan itu tidak dari mana-mana,” kata juru bicara pelaksana Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr Anang Budi Yoelijanto.

Menurut dokter Anang, orang tua dari pasien positif Covid-19 ini hanya seorang pedagang bakso yang memakai rombong. Sehingga kontaknya tidak banyak. “Anaknya sakit sesak dan masuk ke RSU Wonolangan. Selanjutnya dari RSU Wonolangan dirujuk ke RSUD Tongas dan swab ternyata hasilnya positif. Memang ini yang masih akan kita perdalam,” jelasnya.

Dokter Anang menerangkan pasien positif Covid-19 ini sejauh ini tidak ada hubungannya dengan pasien positif sebelumnya. “Untuk sementara ini kita masih belum menemukan keterkaitannya dengan pasien positif Covid-19 sebelumnya. Dia juga tidak masuk dalam klaster sebelumnya, sehingga masuk dalam klaster lepas,” terangnya.

Lebih lanjut, dokter Anang menegaskan bahwa sebelumnya sudah dilakukan isolasi mandiri, karena memang riwayatnya dia tidak pernah kontak dengan siapa-siapa dan tidak kemana-mana. Jadi trackingnya dilakukan mulai dari waktu masuk PDP dan diperintahkan untuk dilakukan isolasi mandiri. Sehingga yang ditracking hanya 4 orang saja dalam satu keluarganya.

“Rapid test-nya untuk anggota keluarganya ini masih belum. Rencananya baru akan dilakukan besok. Jadi semua anggota keluarganya ini sudah dilakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing sejak beberapa hari yang lalu dengan pengawasan ketat dari aparat desa dan kecamatan serta petugas medis,” terang dokter Anang.

Dengan tambahan satu kasus baru ini, maka saat ini sudah ada 17 orang yang positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo. Mereka berasal dari Desa Bayeman Kecamatan Tongas sebanyak 4 orang, Desa Jabungsisir Kecamatan Paiton sebanyak 8 orang, Desa Prasi Kecamatan Gading sebanyak 2 orang, Desa Alaspandan Kecamatan Pakuniran sebanyak 1 orang, Desa Bulu Kecamatan Kraksaan sebanyak 1 orang dan Desa Tamansari Kecamatan Dringu sebanyak 1 orang. (rul/iwy)


Bagikan Artikel