Peristiwa

PN Kota Probolinggo Tunda Sejumlah Sidang


PROBOLINGGO – Sekolah diliburkan. Kegiatan yang mengundang massa dibatalkan. Dan kini, Pengadilan Negeri (PN) Kota Probolinggo juga menunda sejumlah jadwal persidangan. Sidang tetap dilaksanakan bila waktunya mendesak.

Hal tersebut diungkap Ketua PN Kota Probolinggo Darwanto, Selasa (17/3) pagi. Menurutnya, sidang tertentu ditiadakan atau ditunda mulai Senin (16/3), sampai kondisi normal kembali.

Setidaknya selama 14 hari ke depan, PN Kota Probolinggo hanya menggelar sidang untuk tahanan yang waktunya mendesak atau mepet. “Kami sudah meminta hakim untuk menunda jadwal sidangnya. Tapi sidang untuk tahanan yang waktunya mepet, tetap kami laksanakan,” ujar Darwanto di sela-sela sterilisasi kantor PN kemarin.

Meski sejumlah sidang ditunda, kegiatan administrasi kantor PN tetap berjalan. Kantor PN juga tetap terbuka untuk tamu umum. Namun, PN memberlakukan standar operasional prosedur (SOP) pencegahan penularan virus corona. Selain pemeriksaan tubuh, tamu diharuskan cuci tangan terlebih dahulu dengan pembersih tangan yang sudah disediakan  (hand sanitizer).

Bagi pengunjung atau tamu yang diketahui suhu badannya diatas 37 derajat Celsius,  diminta untuk tidak masuk ke kantor PN. Jika tamu tersebut ada urusan yang penting, maka diminta menunggu di luar PN sambil menunggu suhu tubuhnya normal, 36 derajat. “Kalau suhu tubuhnya 36 dan tak sampai 37 derajat, kami persilahkan masuk,” ujarnya.

Tak hanya itu, PN juga melakukan penyemprotan dan pembersihan di sejumlah ruangan dan perabotan kantor. Meliputi ruang penerimaan d atau ruang tunggu, beberapa ruang sidang, ruang tunggu tahanan dan keluarganya, serta mushala. “Semua ruangan kami bersihkan dan sterilkan menggunakan alat semprot dan lap tangan,” sambungnya.

Upaya pencegahan penularan virus corona menututnya akan dilaksanakan sampai batas waktu yang ditetapkan pemerintah. Dalam penyemprotan dan pembersihan ruangan, PN dibantu petugas Polres Probolinggo Kota, anggota Kodim 0829, Yon Zipur 10, Satpol PP dan Dinas Kesehatan. “Untuk penyemprotan kami dibantu rekan-rekan dari polresta, kodim, Zipur, Satpol PP dan Dinas Kesehatan,” katanya.

Hal senada disampaikan Wakapolresta Kompol Teguh Wibowo. Menurutnya, personel polresta yang terlibat di acara tersebut yaitu Shabara, Polantas dan Polwan. Sebelumnya, polresta telah melaksanakan kegiatan yang sama  di terminal, stasiun dan pondok pesantren. “Kami siap melayani fasilitas umum lainnya,” katanya. (gus/iwy)


Bagikan Artikel